SMAN 1 Koto Gasib Dinilai Layak Jadi Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau

SMAN 1 Koto Gasib Dinilai Layak Jadi Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau

SMAN 1 Koto Gasib Dinilai Layak Jadi Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau

No Comments on SMAN 1 Koto Gasib Dinilai Layak Jadi Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau

Guna menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan asri, para pelajar dan guru SMAN 01 Koto Gasib bergotong royong membuat taman, kolam ikan, kebun sayur dan tempat pembibitan bunga. Upaya ini mendapat apresiasi dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Siak dan menyatakan sekolah ini layak meraih gelar Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau.

“SMA Negeri 1 Koto Gasib sudah layak menuju Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau dan hanya tinggal dipoles-poles sedikit saja lagi,” kata Kabid Pemantauan BLH Siak Irma Suriani, Kamis (7/4).

Ia mengatakan, sangat senang melihat antusias guru dan pelajar melakukan goro. Jika upaya ini terus dilakukan, ia optimis target Adiwiyata Provinsi bisa tercapai. Kepala SMAN 01 Koto Gasib Indoto menyatakan, sudah banyak dukungan dari masyarakat dan dibuktikan dengan kepedulian terhadap lingkungan sekitar sekolah.

“Tujuannya untuk kenyamanan belajar anak-anak, kita membuat gerakan peduli lingkungan, gotong royong membersihkan lingkungan, membuat taman, Biopori, Green House tempat pembibitan bunga dan tanaman, membuat kebun sayur di halaman belakang sekolah,” terang Indoto.

Selain itu, sekolah juga tempat dan alat  pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos dan bank sampah. Dengan cara ini sampah dari pekarangan sekolah bisa diolah menjadi hal yang memiliki nilai, sampah organik diolah untuk memupuk bunga dan tanaman. Sementara sampah unorganik bisa diolah untuk kerajinan.
“Selain membuat lingkungan belajar yang nyaman, kita juga siap menuju adiwiyata,” pungkas Indoto.

 

 

Sumber riaumandiri.co, Kamis 08 April 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top