Stok Beras Nasional Aman Hingga Februari 2016

Stok Beras Nasional Aman Hingga Februari 2016

Stok Beras Nasional Aman Hingga Februari 2016

No Comments on Stok Beras Nasional Aman Hingga Februari 2016

Stok beras nasional saat ini 1,7 juta ton. Dipastikan jumlah ini mencukupi untuk didistribusikan  ke program beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) tahap 13 dan 14. Restra diberikan bagi  15,5 Juta Rumah Tangga Sasaran.

“Pada Agustus, stok beras nasional 1,7 juta ton dan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Februari tahun depan,” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Andi ZA Dulung, yang  mewakili Menteri Sosial pada pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Pos Jl Pemuda, Jakarta Timur, Kamis (3/12).

Untuk distribusi Rasta ke-13, stok beras pada posisi aman, sebab September telah panen raya di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, serta Nusa Tenggara Timur (NTT). “Saat ini, penerima rastra secara nasional diberikan untuk 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS),” jelasnya.

Selain itu, Rastra diperuntukan bagi warga 25 persen warga dengan status ekonomi terendah sebagai bantalan sosial. Sedangkan, untuk distribusi Rastra ke-13 dan 14, merupakan arahan dari Presiden. Setiap keluarga dari 25 persen dengan status ekonomi terendah berhak mendapatkan 15 kilogram beras.

Rastra yang didistribusikan bagi warga berkualitas baik. Jika ditemukan beras berwarna coklat, menir, berbatu, apek, serta berkutu, agar ditukarkan kepada gudang divisi regional (divre) dan sub divre. “Pemerintah membeli beras berkualitas baik dan layak untuk dikonsumsi dan jika ditemukan di bawah standar agar ditukarkan di divre dan sub divre Bulog,” katanya.

Setiap kunjungan ke daerahm pihaknya selalu menyempatkan melalukan sidak ke gudang Bulog untuk memastikan stok rastra cukup dan memastikan tepat kualitas, tepat harga, serta tepat distribusi.

Pihaknya telah berkirim surat kepada Kementerian Dalam Negeri untuk permohonan agar meng-cover ongkos angkut. Juga, sebagai antisipasi tidak di-cover-nya oleh pemerintah daerah (pemda). “Rastra adalah beras bersubsidi dari pemerintah dengan harga tetap. Untuk harga tebus Rp1.600 dan juga ada Rp2.000 per kilogram,” katanya.

Sumber infopublik.id, Jumat 04 Desember 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top