Syamsuar: Siak Sudah Miliki Tiga Ekowista Hutan Mangove

Syamsuar: Siak Sudah Miliki Tiga Ekowista Hutan Mangove

Syamsuar: Siak Sudah Miliki Tiga Ekowista Hutan Mangove

No Comments on Syamsuar: Siak Sudah Miliki Tiga Ekowista Hutan Mangove

Bupati Siak Syamsuar meresmikan beroperasinya Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Sungai Rawa yang berlokasi di Kampung Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Minggu (5/2/2017).

Dalam sambutannya Syamsuar menyampaikan bahwa Siak telah memiliki tiga hutan mangrove yang berlokasi di pesisir kabupaten ini. Di antaranya  Mangrove Mengkapan, Mangrove Rawa Mekar Jaya dan Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Sungai Rawa yang Minggu ini diresmikan.
“Hutan mangrove juga dikenal sebagai hutan bakau, karena mayoritas populasi tanaman yang hidup adalah tanaman bakau. Mangrove memberikan banyak manfaat terutama pada lingkungan,” kata Bupati Siak Syamsuar.

Dia yakin kawasan ekowisata itu akan menjadi destinasi baru sebagai wisata alam di daerah itu serta menjadi daya tarik untuk mendatangkan banyak pengunjung.

“Saya yakin kawasan ekowisata ini jika dikelola dengan baik sebagaimana rencana pihak Yayasan Lingkar Pesisir Bertuah. Insya Allah bisa dikembangkan menjadi destinasi baru sebagai tujuan wisata alam di Kabupaten Siak,” harapnya.

Dia menyatakan melalui organisasi perangkat daerah terkait akan mempromosikan keberadaan kawasan ekowisata itu hingga dapat diketahui masyarakat luas.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi yang turut hadir dalam peresmian itu menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati Siak yang telah turut mendukung pengembangan pariwisata di daerah setempat.

“Selamat kepada Bupati Syamsuar telah berhikmat turut mendukung untuk mengembangkan kegiatan ini di wilayah Kabupaten Siak. Apalagi kegiatan tersebut merupakan pengembangan objek wisata yang pada saat ini digencarkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Dia menambahkan penggiat lingkungan seperti Yayasan Lingkar  Pesisir telah membuktikan usahanya dengan membangun kawasan ekowisata hutan mangrove. Paket wisata itu harus dikemas secara baik agar memberikan peningkatan ekonomi.

“Saya berharap akan terjalin kerja sama antara Yayasan Lingkar Pesisir dengan pemkab, pemprov dan masyarakat untuk melestarikan tempat ini. Dan harus ramah terhadap pengunjung lokal maupun mancanegara,” pesannya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Lingkar Pesisir Bertuah sebagai lembaga sosial yang bergerak di bidang lingkungan dan hutan, bekerja sama dengan Pengda Sekolah Kehutanan Menengah Atas provinsi Riau dan Pengcab IKA SKMA Kabupaten Siak.

Pada kesempatan yang sama, Kang Andik atau R Andik Jaya Prawira seorang Duta Lingkungan Hidup Perwira Rimba, SKMA 64 Bogor juga menyempatkan hadir.

Kang Andik bersepeda keliling Indonesia dengan misi pelestarian lingkungan dan hutan. Riau merupakan Provinsi yang ke-28 dan Kabupaten Siak sebagai kabupaten ke-358 yang dikunjunginya, ia telah menempuh jarak sekitar 35.000 kilometer.

 

 

Sumber kapurnews.com, 06 Februari 2017

linked in share button

Leave a comment

Back to Top