Tahun Ini Siak Dapat Bantuan Sekolah teknologi pertanian

Tahun Ini Siak Dapat Bantuan Sekolah teknologi pertanian

Tahun Ini Siak Dapat Bantuan Sekolah teknologi pertanian

No Comments on Tahun Ini Siak Dapat Bantuan Sekolah teknologi pertanian

Pembanguan sektor pertanian di Kabupaten Siak terus mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau. Tahun ini Pemerintah Pusat melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau (BPTP Riau) membangun Sekolah Teknologi Pertanian (STP) di Kecamatan Sungai Mandau.

Demikian disampaikan Bupati Syamsuar dalam sambutannya saat membuka Rapat Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Selasa (12/4) di Gedung Tengku Maharatu.

“Tahun ini Siak mendapat bantuan sekolah teknologi pertanian dari Kementerian Pertanian dibangun di Sungai Mandau,” kata Syamsuar.

Dijelaskan Syamsuar, tiga tahun pertama sekolah itu dikelola oleh BPTP Riau, setelah itu baru diserahkan ke Pemkab Siak. Keberadaan lembaga ini diharapkan bisa membina petani untuk terus mempelajari dan menggunakan teknologi baru dalam bertani, sehingga dengan lahan yang ada kualitas dan kuantitas produksi dapat terus meningkat.

Kepala BPTP Riau Profesor Masganti MS membenarkan pihaknya tahun mulai melaksanakan perogram pembangunan sekolah Teknologi Pertanian itu. Lembaga ini akan dijadikan percontohan dan wadah mengedukasi kelompok tani dalam budidaya tanaman padi, Bawang Merah dan Itik Albio.

“Bukan hanya petani dari Sungai Mandau atau Siak saja yang bisa belajar di tempat ini, namun terbuka untuk masyarakat Riau,” kata Masganti.

Untuk pertama pihaknya mendahulukan pembangunan gedung dan tempat penjemuran padi, berikutnya baru menyusul fasilitas pendukung lainnya seperti tempat pembibitan dan lapangan percontohan untuk budidaya padi, Bawang Merah dan Itik Albio itu.

Masganti membenarkan pihaknya akan mengelola lembaga ini selama 3 tahun pertama, setelah itu bangunan dan fasilitas akan diserahkan ke Pemda Siak untuk dikembangkan.

 

Sumber riaumandiri.co, Kamis 14 April 2016

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top