Tak Perlu Dikupas, Kulit Buah dan Sayur Ini Bermanfaat bagi Kesehatan

Tak Perlu Dikupas, Kulit Buah dan Sayur Ini Bermanfaat bagi Kesehatan

Tak Perlu Dikupas, Kulit Buah dan Sayur Ini Bermanfaat bagi Kesehatan

1 Comment on Tak Perlu Dikupas, Kulit Buah dan Sayur Ini Bermanfaat bagi Kesehatan

Mengupas kulit buah atau sayur sebelum mengolah atau mengonsumsinya memang lumrah. Namun, tahukah Anda jika beberapa jenis kulit buah dan sayur justru bermanfaat bagi kesehatan?

Untuk itu, boleh saja jika setelah mencucinya dengan bersih di bawah air mengalir, Anda mengolah atau mengonsumsi sayur tersebut dengan kulitnya. Apa saja sayur dan buah itu? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Men’s Health.

1. Apel
Mengupas kulit apel memang tidak akan mengurangi keseluruhan vitamin C di buah berwarna merah atau hijau tersebut. Tetapi, dengan mengupas kulitnya Anda bisa kehilangan pektin. Pektin merupakan serat larut yang bisa membantu menstabilkan dan menurunkan LDL kolesterol dan gula darah. Selain itu, pektin juga bisa memperlambat proses pencernaan sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

2. Wortel
Wortel kaya akan polyacetylenes, senyawa kimia yang tengah diteliti terkait potensinya untuk membunuh sel kanker. Selain itu, diyakini bahwa polyacetylenes mengandung antijamur, antibakteri, dan memiliki efek anti-inflamasi. Pada wortel, senyawa polyacetylenes terkonsentrasi tepat di bawah kulit.

Sehingga, bisa dicoba untuk mengupas tipis kulit wortel setelah mencucinya dengan bersih. Varietas wortel seperti purple carrot juga disebutkan kaya akan anthocyani, antioksidan yang juga banyak terkandung di blueberry.

3. Kentang
Dibanding dagingnya, kulit kentang mengandung lebih banyak serat, zat besi, dan asam folat. Para peneliti di Unibersity of Maine menemukan bahwa kulit kentang mengandung antioksidan 5 sampai 10 kali lebih banyak. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengasup kentang dengan tidak mengupas kulitnya. Tapi, pastikan kentang sudah dicuci dengan bersih, ya!

4. Timun
Kulit mentimun mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin K. Selain itu, patut diketahui bahwa hampir semua serat pada timun terkandung di kulitnya. Sementara, daging timun lebih banyak mengandung air.

5. Terong
Kulit terong mengandung antioksidan yang disebut nasunin. Meski senyawa tersebut belum diteliti sebagi objek tunggal, sebuah studi pada hewan percobaan yang dipublikasi di U.S. National Library of Medicine and National Institutes of Health menunjukkan bahwa nasunin bisa membantu menjaga jaringan otak tetap sehat.

Nasunin juga merupakan bagian dari salah satu antioksidan yakni flavanoid.

6. Anggur
Setelah mencui bersih anggur, tak ada salahnya jika Anda langsung mengonsumsi anggur beserta kulitnya. Terutama anggur merah, mengandung resveratrol, fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta otak. Beberapa studi yang dilakukan pada hewan juga menunjukkan resveratrol bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Sumber, Detik.com Jumat, 29/04/2016 10:01 WIB

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top