Tak Sekedar Lumbung Padi Kini Bungaraya Berinovasi Merambah Agro Wisata

Tak Sekedar Lumbung Padi Kini Bungaraya Berinovasi Merambah Agro Wisata

Tak Sekedar Lumbung Padi Kini Bungaraya Berinovasi Merambah Agro Wisata

No Comments on Tak Sekedar Lumbung Padi Kini Bungaraya Berinovasi Merambah Agro Wisata

Menilik sejarah Bungaraya merupakan wilayah eks Transmigrasi dari beberapa daerah di pulau jawa. Kini setelah melalui proses dan kerja keras masyarakat serta peran pemerintah daerah, terbentang luas areal persawahan hijau yang berkelanjutan.

Tak salah jika bungaraya disebut sebagai lumbung padi Kabupaten Siak dengan total luas lahan pertanian 2.202 ha dan tiap hektar mampu menghasilkan 6 ton padi yang artinya telah melakukan capaian target luas tanam yang ditetapkan nasional maupun provinsi.

Keberhasilan tak membuat masyarakat di Kecamatan Bungaraya berpuas hati kini potensi agro wisata mulai dilirik , sebagai inovasi baru diwilayah ini. Program agro wisata ini merupakan gagasan dari masayarakat sendiri , karena mereka menilai Bungaraya memiliki potensi tersebut.

Hendi Derhavin selaku Camat Bungaraya mengungkapkan tujuan dibuatnya kampung agro wisata yang diawali kegiatan funbike di kawasan persawahan ini ialah agar masyarakat dapat berperan aktif tidak hanya sekedar jadi penonton dalam upaya mendorong sektor pariwisata khususnya di Kec. Bungaraya.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si yang turut hadir dalam keramaian suasana funbike tour de sawah , diberi kesempatan membuka selubung papan bertuliskan kampung agrowisata sebagai simbol peresmian tempat wisata alam tersebut.

Beliau berterimakasih kepada pihak yang telah mempersiapkan event tour de sawah untuk memancing wisatawan berkunjung ke Kec. Bungaraya. Itu artinya bertambah satu lagi destinasi wisata alam di Kabupaten Siak setelah wisata mangrove dan taman konservasi gajah yang sebelumnya telah dibuka untuk umum.

Bupati Siak menuturkan yang terpenting adalah kesiapan masyarakat di daerah dalam mengelola potensi ini karena tentunya akan memberikan dampak baik secara langsung bagi peningkatan perekonomian mereka. Beliau sangat berharap agar setelah peluncuran kampung agro wisata ini , jangan melemah tapi justru semakin giat sehingga kedepan dapat dikenal lebih luas lagi.

Sumber : MC Kab. Siak, 23 Januari 2018

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top