Tertarik dengan Program Pembangunan, Kepala Bappenas Bakal Berkunjung ke Siak

Tertarik dengan Program Pembangunan, Kepala Bappenas Bakal Berkunjung ke Siak

Tertarik dengan Program Pembangunan, Kepala Bappenas Bakal Berkunjung ke Siak

No Comments on Tertarik dengan Program Pembangunan, Kepala Bappenas Bakal Berkunjung ke Siak

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Siak Yan Pranajaya bersama kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Siak Irving Kahar merasa senang setelah mendapat angin segar dari Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Syofyan Djalil, Selasa (26/7/2016). Sebab, sejumlah program yang dikembangkan Pemkab Siak menjadi pembicaraan di tingkat nasional.

Yan Pranajaya menyebut, Syofyan Djalil, termasuk deputi bidang pemantauan, evaluasi dan pengendalian pembangunan Bappenas Roni Dwi Susanto beserta rombongan akan berkunjung ke Siak dalam waktu dekat ini. Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Roni Dwi Susanto sebelumnya ke Siak.

“Pak Menteri tertarik dengan pembangunan infrastruktur kita di Siak. Sebab sebelumnya, deputi Roni sudah melihat bagaimana infrastruktur kita. Bahkan, Pak Menteri sangat apresiasi dengan program-program kita di Siak,” sebut Yan sesaat setelah ia keluar dari kantor Bappenas melalui sambungan selulernya.

Tidak hanya itu, kata Yan, Syofyan Djalil justru mendukung percepatan pembangunan di Siak. Sebab, hasil kunjungan deputi Roni dianggap sangat sesuai dan sejalan dengan program nawacita presiden Joko Widodo. Bahkan, Syofyan menganggap pembangunan di Siak sangat sejalan dengan program yang dirancangnya.

Beberapa bidang yang membuat kepala Bappenas tertarik ada pada bidang infrastruktur, pengairan, pawisata dan pelayanan masyarakat serta air minum. Bidang infrastruktur jalan dan jembatan, Siak disebut mempunyai terobosan yang mendahulukan kepentingan publik.

“Deputi Roni pernah meninjau pembangunan irigasi di Bungaraya. Ia melihat bagaimana Dinas BMP mengaliri air ke sawah masyarakat. Program irigasi itu dinilai berhasil,” kata Yan.

Sehingga, pihak kementerian mengangap pembangunan irigasi itu sangat bermanfaat untuk mewujudkan swasembada di bidang pangan.

“Sedangkan Bupati kita juga sangat konsen bagaimana petani padi bisa panen 2 atau 3 kali setahun. Ini tentunya dampak kualitas pembangunan irigasi yang kita jalani,” kata dia.

Selain itu, Syofyan juga tertarik dengan pembicaraan tentang sungai Siak. Sebab, sungai Siak menjadi sungai strategis nasional. Sementara kondisinya, selama ini, sungai Siak berada dalam tekanan potensi pencemaran. Yang dikhawatirkan, pencemaran itu bisa merusak ekosistem serta menghilangkan ikan endemik sungai Siak, sebagaimana menjadi keluhan masyarakat.

Belum lagi erosi yang selalu mengikis tebing sungai. Sedangkan kemampuan Pemkab Siak melalui dinas BMP hanya bisa memaksimalkan pembangunan turap di sepanjang ada kawasan penduduk. Yan Pranajaya melaporkan ke Syofyan Djalil terkait hal itu.

“Pak Syofyan akan berkunjung, dia sangat tertarik. Harapan kita tentu pusat membangun turap agar erosi tidak terjadi. Jika memang menjadi sungai strategis nasional, tentu pusat bisa lebih tegas kepada para pihak yang menyumbang pencemaran,” kata dia.

Menurut dia, kunjungan yang dilakukan kemarin menghasilkan banyak catatan. Baik mengenai kesesuaian program maupun rencana kunjungan mentri PPN.

“Provinsi sebagai perpanjangan tangan pusat juga kita harapkan bisa membantu pembangunan untuk menyelamatkan sungai Siak,” kata dia.

 

Sumber pekanbaru.tribunnews.com, Rabu 27 Juli 2016

 

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top