Tingkatkan Kesadaran Berzakat, Pemkab Siak Gelar Program Gemar Berzakat

Tingkatkan Kesadaran Berzakat, Pemkab Siak Gelar Program Gemar Berzakat

Tingkatkan Kesadaran Berzakat, Pemkab Siak Gelar Program Gemar Berzakat

No Comments on Tingkatkan Kesadaran Berzakat, Pemkab Siak Gelar Program Gemar Berzakat

GUNA meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat digelar Gerakan Masyarakat (Gemar) Berzakat di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak.

zakat-tualang2Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat, bahkan Bupati Siak H. Syamsuar MSi dan Wakil Bupati Alfedri MSi, serta Camat Tualang Zulkifli MSi langsung turun tangan menjadi amil bagi muzakki.

Untuk Kecamatan Tualang Gemar Berzakat dipusatkan di Masjid Al Huda, Perawang pada Kamis (2/7/2015) kemarin. Ummat Islam terlihat antusias memadati masjid di Jalan Raya Km 4 Perawang ini guna menunaikan kewajibannya.

Gemar berzakat Tualang tidak hanya pengumpulan zakat harta, tapi dirangkai dengan tauziah tentang zakat, penyerahan zakat konsumtif, penyerahan community developmen melalui pemberdayaan masyarakat basis pesantren, santunan anak yatim, fakir miskin dan berbuka bersama.

Ada juga pemberian anugerah penghargaan kepada pihak-pihak yang memberikan kontribusi pada peningkatan perolehan zakat mal di Kabupaten Siak.

Gerakan Masyarakat Berzakat digelar untuk seluruh lapisan masyarakat seperti melibatkan para PNS, pejabat Siak, unsur Forkopinda, Upika, pengusaha, perusahaan dan masyarakat ada di Kabupaten Siak.

“Program Gemar Berzakat II, ditingkatkan menjadi tiga Kecamatan, Siak, Tualang dan Kandis. Ini sengaja diluncurkan dalam rangka untuk memberikan kesadaran bagi kita semua,” katanya Bupati Siak H Syamsuar MSi.

 zakat-tualang4Syamsuar berharap kegiatan gemar berzakat ini digelorakan sampai ke seluruh pelosok Kabupaten Siak. Dengan harapan agar kesadaran tumbuh dalam jiwa masyarakat, membiasakan berzakat.

Menurutnya, apabila masyarakat telah sadar tentang pentingnya berzakat, maka akan lebih banyak masyarakat atau mustahik yang ada di Kabupaten Siak ini akan terbantu dan ini juga salah satu usaha kita untuk mengentaskan kemiskinan. “Mungkin bagi kita tidak terasa tapi bagi kaum duafa cukup bermaamfaat,”tandas Bupati Siak.

Camat Tualang, Zulkifli, MSi menyambut baik pelaksanaan Gemar Berzakat di Kecamatan Tualang. Karena sebagai daerah terpadat penduduk di Kabupaten Siak, wilayah ini memiliki potensi zakat yang sangat besar. Untuk itu, dengan pelaksanaan Gemar Berzakat kesadaran masyarakat membayar zakat diharapkan semakin meningkat.

“Pemerintah bersama BAZ Tualang akan terus berupaya meningkatkan pengumpulan zakat melalui UPZ yang ada. Kita juga imbau masyarakat Tualang membayar zakat di Tualang, karena lebih apdol membayar zakat di mana kita mencari nafkah,” ujar dia.

zakat-tualang3Pada kesempatan itu, diberikan penghargaan kepada UPZ Kecamatan Tualang, Penghulu Kampung Tualang, relawan dan pihak lainnya termasuk perusahaan pengelola Zakat terbaik PT. BSP (Bumi Siak Pusako). Reward juga kepada perusahaan sponshorship turut andil mendukung program zakat.

Berdasarkan data yang dirangkum dari Badan Amil Zakat Kecamatan Tualang, selama pelaksanaan Gemar Berzakat Tualang dari ba’da Ashar hingga buka puasa, terkumpul Rp159 juta lebih.

Jumlah mustahik pemerima zakat komsumtif sebanyak 198 orang, masing- masing mendapat Rp800,000 per orang dan ratusan anak yatim diberikan santunan Rp200 ribu, tas sekolah dan bahan untuk membuat baju.

Sumber kapurnews.com Sabtu 04 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top