Tingkatkan Kompetensi : Pengawas Sekolah se-Siak Ikuti Bimtek Pembuatan PTS

Tingkatkan Kompetensi : Pengawas Sekolah se-Siak Ikuti Bimtek Pembuatan PTS

Tingkatkan Kompetensi : Pengawas Sekolah se-Siak Ikuti Bimtek Pembuatan PTS

No Comments on Tingkatkan Kompetensi : Pengawas Sekolah se-Siak Ikuti Bimtek Pembuatan PTS

Puluhan pengawas diseluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Siak mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis pembuatan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

Kegiatan yang digelar Senin (16/1) di Aula SMP Islamic Centre Siak tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pengawas, khususnya dalam hal pembuatan PTS.

Dalam kegiatan yang langsung dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Siak, Suprapto ini dihadiri oleh pengawas dari tingkat SD, SMP, SMA dan juga pengawas dari Kementerian Agama. Dengan menghadirkan nara sumber dari Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI, Rizal Ahmad.


Pelaksanaan Bimtek Pembuatan PTS tersebut turut mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah, dalam hal peningkatan kompetensi dibidang pendidikan. “Kita sangat apresiasi dengan kegiatan ini dan tentunya dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas dari para pengawas, bagaimana bisa memberikan pengarahan bagi sekolah. Serta bisa menambah wawasan bagi para peserta itu sendiri,”ujar Suprapto.

Sementara itu, Rizal Ahmad menjelaskan bahwa pembuatan sebuah karya tulis sangat penting untuk usulan kenaikan pangkat karena setiap usulan pangkat untuk guru harus dilengkapi dengan karya tulis.Adapun tujuan utama PTS adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam sekolah-sekolah yang berada dalam binaan pengawas sekolah. Kegiatan penelitian ini tidak saja bertujuan untuk memecahkan masalah tetapi sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan.

Secara lebih rinci tujuan Penelitian Tindakan Sekolah antara lain, meningkatkan mutu isi, masukan, proses dan hasil pendidikan, manajemen dan pembelajaran, termasuk mutu guru, kepala sekolah, khususnya yang berkaitan dengan tugas professional kepengawasan disekolah-sekolah yang menjadi binaannya. Kedua meningkatkan kemampuan dan sikap professional sebagai pengawas sekolah. Ketiga menumbuhkembangkan budaya akademik dilingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan.

Adapun ciri khusus dari Penelitian Tindakan Sekolah adalah adanya tindakan (action) yang nyata. Tindakan itu dilakukan pada situasi alami (pada keadaan yang sebenarnya) dan ditujukan untuk memecahkan permasalahan-permasalahan praktis dalam peningkatan mutu, proses dan hasil kepengawasan,” paparnya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator Pengawas, Syamsul Bahri juga menuturkan kegiatan ini sebagai langkah awal dan salah satu kegiatan mandiri dari pengawas. Diharapkan para peserta bimtek bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dan bisa terus meningkatkan kompetensi dengan mengasah intelektualitas daya pikir dan prestasi,” pungkasnya.

Sumber riaumandiri.co, Rabu 18 Januari 2017
linked in share button

Leave a comment

Back to Top