Tinjau Ruang Evakuasi Korban Kabut Asap, Bupati Siak: Semua yang Dibutuhkan Segera Disiapkan

Tinjau Ruang Evakuasi Korban Kabut Asap, Bupati Siak: Semua yang Dibutuhkan Segera Disiapkan

Tinjau Ruang Evakuasi Korban Kabut Asap, Bupati Siak: Semua yang Dibutuhkan Segera Disiapkan

No Comments on Tinjau Ruang Evakuasi Korban Kabut Asap, Bupati Siak: Semua yang Dibutuhkan Segera Disiapkan
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi meninjau ruang evakuasi yang diperuntukan bagi korban kabut asap di Gedung Maharatu, depan Istana Siak, Senin (26/10/2015) sore.
Pada kesempatan itu, Syamsuar menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Toni Chandra agar secepatnya menyiapkan segala sarana dan prasarana pendukung untuk membantu warga yang terserang penyakit akibat kabut asap.
“Saya lihat ruangan evakuasi sudah steril, sudah ada beberapa peralatan. Secepatnya, semua yang dibutuhkan harus segera disiapkan,” kata Bupati.
Syamsuar juga menginstrusikan Camat Siak agar lebih proaktif berkoordinasi dengan semua Penghulu dan Lurah untuk memantau kondisi kesehatan masyarakat. Hal itu juga berlaku untuk 14 Camat yang ada di Kabupaten Siak.
“Ada juga warga yang tak mengerti dampak dari kabut asap ini, kadang-kadang anak mereka sudah mengalami batuk dan pilek berhari-hari, tetap saja tak dibawa ke Posko Kesehatan yang sudah kita siapkan. Kita harus proaktif, bantu masyarakat, hanya ini upaya kita untuk mengatasi korban jiwa akibat kabut asap,” jelas Syamsuar.
Kadiskes Siak Toni Chandra menambahkan, jika angka ISPU sudah mencapai 400, segera dilakukan upaya evakuasi, terutama bagi ibu-ibu hamil dan balita. Selain itu, pihaknya juga melakukan sweping ke rumah-rumah penduduk untuk melihat langsung warga yang sakit akibat asap.
“Sampai saat ini, sudah 350 ribu masker yang kita bagikan, selain itu perlu juga penyediaan air bersih untuk konsumsi rumah tangga. Ruang evakuasi juga kita buat di setiap Puskesmas yang ada di Siak,” jelas Toni.
Sementara itu, data jumlah warga yang terserang penyakit akibat kabut asap, dari bulan Juli-Oktober 2015, batuk pilek 8.418 jiwa, Insfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) 334 jiwa, asma 525 jiwa, iritasi kulit 1.181 jiwa dan iritasi mata sebanyak 412 jiwa.
“Kita terus berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat kabut asap di Siak. Memang ada beberapa balita yang sempat dirawat di RSUD Siak dan Puskesmas akibat kabut asap, tapi kondisi mereka sudah membaik dan sudah kembali pulang,” tutup Kadiskes

 

Sumber goriau.com, Senin 26 Oktober 2015

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top