Tour de Siak 2015 Penuh Kejutan

Tour de Siak 2015 Penuh Kejutan

No Comments on Tour de Siak 2015 Penuh Kejutan

Diam-diam panitia pelaksana helat Tour de Siak (TdS) ke-3/2015 telah melakukan serangkaian persiapan iven internasional balap sepeda yang diselenggarakan September mendatang.

Seakan tidak mau mengurangi kualitas persiapan dan perhelatan pertandingan, panitia lokal bersama PB ISSI telah menyiapkan kemasan iven bergengsi ini jadi lebih atraktif dan menarik warga luar untuk menyaksikan. “Lihat saja pasti banyak kejutan dan juga suguhan yang disajikan,”kata Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi kepada Riau Pos menceritakan tentang TdS, Selasa (21/7) di Siak.

Sejauh ini, sejak iven TdS diselenggarakan, animo peserta dari berbagai negara belahan dunia menyatakan ketertarikan dan kekikutsertaanya pada iven tersebut. Dari koordinasi bersama PB ISSI, antusiasme peserta menunjukkan trend positif. Mereka jauh-jauh hari menanyakan kapan iven ini berlangsung, dan tidak sabar memenuhi undangan dari panitia.

Dalam penyelenggaraan, Pemkab bekerjasama dengan PB ISSI. Begitu juga dengan  peserta lomba yang tergabung dalam tim lokal maupun luar negeri. “Saat ini sudah sembilan tim luar negeri dari delapan negara yang sudah menyalakan keikutsertaannya pada TdS ke-3 ini,” kata Syamsuar.

Sementara tim lainnya dari negara luar masih ada yang menunggu konfirmasi keikutsertaannya. Tim lokal juga tidak ketinggalan pula ikut serta dalam iven ini. Sedikitnya sudah ada empat tim yang menyatakan ikut. Sebagai perbandingan tahun kemarin, saat TdS ke-2, PB ISSI memberikan kuota 20 peserta tim yang ikut TdS, terdiri 12 dari tim luar negeri, sisanya dari dalam negeri (lokal). Namun, pada TdS tahun ini, terjadi penambahan, jika melihat dari jumlah peserta tim yang ambil bagian.

Dari informasi PB ISSI, tim yang ikut ini merupakan tim yang bergengsi di kejuaraan balap sepeda. Mereka telah berpengalaman dan miliki jam terbang tinggi pada kejuaraan balap sepeda di belahan dunia. “Tidak sedikit prestasi yang diraih mereka,”kata dia.
Selaku tuan rumah yang dipercayakan, tentunya keikutsertaan tim di iven ini memberikan kesan sendiri. Pasalnya mereka sangat selektif untuk mengikuti iven. Namun untuk TdS mereka menyatakan keikutsertaanya.

Kadisparpora Siak Hendrisan SSos MSi menambahkan, TdS tahun ini sama seperti tahun kemarin. Ada empat etape yang dilalui oleh peserta. Etape I, Siak-Dayun, etape II, Siak-Sungaiapit dan etape III Siak-Tualang serta etape IV sirkuit race dalam kota.
Dalam TdS ini, Istana Siak, jadi ikon. Selain itu peserta juga melintasi jembatan di etape I, II dan III.  Adapun tantangan dan rintangan pada TdS ini beda dari tour lainnya, dimana cuaca, angin dan juga fisik jadi problem tersediri yang dinilai peserta tim terasa unik.

Mantan Kabag Umum Setdakab Siak ini menambahkan, sajian TdS ini, tak hanya pertandingan balap sepeda semata. Melainkan ada lomba fotografi obyek wisata dan alam Siak, bazar ekonomi kreatif dan pertunjukkan hiburan rakyat tiap malamnya.

 

Sumber riaupos.co, Rabu 22 Juli 2015

Similar Posts:

    None Found

« Previous Article Arus Balik, Dermaga Buton Disesaki Penumpang

Next Article » Kampung Seminai Halal Bi Halal

linked in share button

Leave a comment

Back to Top