Tour de Siak 2017 Tambah Dua Etape, akan Libatkan Bengkalis dan Kota Melaka

Tour de Siak 2017 Tambah Dua Etape, akan Libatkan Bengkalis dan Kota Melaka

Tour de Siak 2017 Tambah Dua Etape, akan Libatkan Bengkalis dan Kota Melaka

No Comments on Tour de Siak 2017 Tambah Dua Etape, akan Libatkan Bengkalis dan Kota Melaka

Siak semakin gesit dalam pengembangan pariwisata. Bukan hanya mengandalkan wisata sejarah dan Islami, tapi kini Siak terus berbenah untuk mengoptimalkan pariwisata modern seperti Tour de Siak yang sudah menjadi agenda olahraga balap sepeda nasional.

Bahkan pada Tour de Siak 2017 mendatang, panitia sudah berencana untuk memperluas areal pertandingan hingga ke Bengkalis. Paling tidak, akan ada penambahan dua etape pada Tour de Siak 2017 mendatang.

Hal ini terungkap pada pertemuan Bupati Siak Drs Syamsuar dengan Kepala Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Fahmizal, Rabu (14/9/2016). Pertemuan itu membahas wacana dukungan Pemprov Riau untuk mengembangkan helat Tour de Siak 2017 nanti lain agar terkoneksi dengan Kabupaten Bengkalis hingga Kota Melaka – Malaysia.

”Kita harus ikut arah kebijakan pemerintah pusat, apalagi tren migas yang kita andalkan selama ini tak lagi terlalu dapat diandalkan. Dunia pariwisata dari adalah primadona pembangunan ekonomi daerah. Dubai yang kaya saja getol dengan pariwisata,” papar Syamsuar.

Pemkab Siak kata dia, ingin memanfaatkan perhatian Pemerintah Pusat yang kini gencar mendukung kemajuan pariwisata didaerah dengan sinergi, baik antar kabupaten dan kota maupun Pemerintah Provinsi.

”Presiden bahkan ingin sektor pariwisata jadi core businessnya negara karena mampu menyumbang PDB, devisa, dan menciptakan lapangan kerja lewat industri ekonomi kreatif. Bahkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru-baru ini dikembangkan di kawasan wisata, bukan industri,” sebutnya.

Syamsuar juga menyambut baik dukungan Pemprov Riau terhadap iven balap sepeda Tour de Siak (TdS), termasuk wacana memperpanjang rute lintasan balap TdS tahun depan hingga melewati sejumlah objek wisata di Kabupaten Bengkalis hingga menyeberang kenegeri Jiran.

”Mudah-mudahan nanti gaung Tour de Siak makin besar, sehingga Pemerintah Pusat berkenan membantu. Insyaallah kalau kita keroyok ramai-ramai, pembiayaan penyelenggaraan iven jadi ringan. Terlebih bagi negeri kita melayu, target wisatawan potensial adalah negeri jiran dan timur tengah,” ajak orang nomor satu di negeri istana ini.

Sementara itu Fahmizal, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau mengaku akan langsung melaporkan hasil pertemuan tersebut kepada Gubernur Riau. Gubri kata dia, sudah sangat mendukung wacana perpanjangan lintasan balap Tour de Siak hingga ke Melaka yang masih punya tali sejarah dengan Riau.

”Nama ivennya tetap Tour de Siak, nanti rencananya etape empat rutenya Siak – Bengkalis, Rute kelima menyeberangi Selat Malaka menuju Malaysia,” katanya.

Hadir pada pertemuan itu Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hendrisan dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis Edwar.

Sumber goriau.com, Rabu 14 September 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top