Hal ini diakui Airport Duty Manager Bandara SSK II, Ibnu Hasan, Minggu (18/10).  Menurut Ibnu, sedikitnya ada 63 penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan yang terjadwal hari Minggu kemarin.

“Pagi tadi jarak pandang hanya 700 meter, kemudian siang ini sudah naik lagi menjadi 1000 meter, dengan mulai membaiknya kondisi udara di Pekanbaru beberapa hari ini membuat aktivitas bandara berangsur normal, Jumlah penerbangan hari ini ada 63 penerbangan, yang di cancel ada 7 penerbangan itu sudah sejak kemaren, karena opersasional maskapainya bukan karena cuaca,” ujar Ibnu.

Meski aktivitas Bandara sudah berangsur normal, Ibnu mengaku, jumlah penumpang belum mengalami peningakatan akibat trauma kabut asap. Saat ini hanya  60 persen tingkat keterisian tempat duduk atau turun 20 persen dari biasanya yang mencapai 80 persen .

“Sejak kembali normal dalam beberapa hari ini, jumlah penumpang yang terisi hanya 60 persen, kalau perkiraan kita ya mungkin para calon penumpang belum berani untuk memesan tiket pesawat takut akan kembali terjadi pembatalan penerbangan akibat kabut asap,” singkat Ibnu.

Sebagaimana diketahui, selama kabut asap melanda Provinsi Riau, sejumlah sektor mengalami masalah. Termasuk sektor penerbangan. Bahkan, hampir satu bulan Bandara SSK II lumpuh akibat asap ini.

Akibatnya, ratusan ribu calon penumpang jadi terlantar. Bandara SSK II sendiri setiap hari melayani 70 penerbangan komersil. Rata-rata jumlah penumpang perhari mencapai 6.000-7.500 orang.