Tunggu SK, SDN 4 Sabak Permai akan Jadi Sekolah Inklusi

Tunggu SK, SDN 4 Sabak Permai akan Jadi Sekolah Inklusi

Tunggu SK, SDN 4 Sabak Permai akan Jadi Sekolah Inklusi

No Comments on Tunggu SK, SDN 4 Sabak Permai akan Jadi Sekolah Inklusi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Sabak Permai akan di jadikan sekolah inklusi di Kabupaten Siak, sejak 23 hingga 27 Mei lalu, pihak sekolah mengutus salah seorang guru di sekolah tersebut mengikuti bimbingan teknis di Pekanbaru.

Hal itu diungkap, kepala SDN 4 Sabak Permai, Nilawati. Sabtu (27/5/16) saat dijumpai disela acara perpisahan SDN 4 Sabak Permai.

“Iya, kemaren kita mengirim salah seorang guru kita (SDN4 ) ikut bimbingan teknis di Pekanbaru mulai 23 hingga 27 Mei lalu,” ujarnya.

Lanjutnya, jika sekolah SDN 4 Sabak Permai dijadikan sekolah Inklusi, maka baru satu-satunya sekolah inklusi dari Kabupaten Siak setingkat SD.

“Kalau memang di SK kan dari Disdikbud SDN 4 Sabak Permai ini dijadikan sekolah inklusi, maka satu-satunya SD di kabupaten Siak jadi sekolah inklusi,” jelas Nilawati.

Sementara itu, Iswanto guru yang diutus untuk mengikuti bimbingan teknis tersebut mengatakan sekolah yang dijadikan sekolah inklusi akan disiapkan guru pembimbing khusus untuk mengajar murid-murid berkebutuhan khusus tersebut.

“Anak-anak seperti tuna netra, tuna wisma dan sebagainya. Guru yang akan menjadi pembimbingnya akan disiapkan secara khusus dan harus menguasai bidang-bidang yang ditentukan,” terang pria yang akrab di panggil Mas Robert tersebut.

Sebagai mana diketahui, Sekolah inklusi adalah sekolah regular (biasa) yang menerima Anak Kebutuhan Khusus (ABK) dan menyediakan sistem layanan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tanpa kebutuhan khusus (ATBK) dan ABK melalui adaptasi kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan sarana prasarananya.

Dengan adanya sekolah inklusi ABK dapat bersekolah di sekolah regular yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi. Di sekolah tersebut ABK mendapat pelayanan pendidikan dari guru pembimbing khusus dan sarana prasarananya. Prinsip mendasar dari pendidikan inklusi adalah selama memungkinkan, semua anak seyogyanya belajar bersama-sama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka. Jadi disini setiap anak dapat diterima menjadi bagian dari kelas tersebut, dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya maupun anggota masyarakat lain sehingga kebutuhan individualnya dapat terpenuhi.

Sumber infosiak.com, Minggu 29 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top