Turnamen Gasing se Kabupaten Siak, Melestarikan Warisan Budaya Nenek Moyang

Turnamen Gasing se Kabupaten Siak, Melestarikan Warisan Budaya Nenek Moyang

Turnamen Gasing se Kabupaten Siak, Melestarikan Warisan Budaya Nenek Moyang

No Comments on Turnamen Gasing se Kabupaten Siak, Melestarikan Warisan Budaya Nenek Moyang

Permainan gasing merupakan salah satu warisan budaya nenek moyang yang mulai punah. Jadi, perlu dilakukan upaya agar permainan tradisional ini tetap lestari dan menarik wisatawan.

Untuk pertama kali digelar turnamen gasing se Kabupaten Siak digelar dari tanggal 26-30 Mei 2016. Secara resmi turnament adu gasing dibuka Bupati Siak H. Syamuar MSi, Kamis (26/5/2016) sore di Taman Tengku Syarifah Aminah, kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

Terlihat ramai dan meriah dengan sorak sorai para pemain dan penonton yang menyaksikan perlombaan tradisional itu yang di taja oleh Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar Kabupaten Siak.

Pembukaan ditandai dengan pelemparan gasing oleh Bupati berlaga dengan gasing Asisten III Jamaluddin. Kemudian diikuti oleh Kadis Kebersihan dan sebagian peserta lomba.

Syamsuar berharap, perlombaan ini selain untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya, juga bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Siak.

Menurutnya, permainan ini ditunjang budaya Melayu yang masih kental dan bisa mendunia.

Peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 20 tim dari keseluruhan perwakilan kecamatan se-Kabupaten Siak dengan merebutkan juara 1, II, III dan harapan 1.

Sumber kapurnews.com, Jumat 27 Mei 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top