Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA Sampaikan Tausiah di Masjid Syahabuddin

Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA Sampaikan Tausiah di Masjid Syahabuddin

Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA Sampaikan Tausiah di Masjid Syahabuddin

2 Comments on Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA Sampaikan Tausiah di Masjid Syahabuddin

Ketua Masjid Syahabuddin Usni Merza saat memberikan kata sambutannya dihadapan ratusan Jamaah Masjid Syahabuddin Kota Siak dalam acara memperingati Malam Nuzul Qur’an, Rabu malam (14/6/17) mengatakan sudah lama dirinya ingin mengundang Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA namun jadwal ceramah ustadz cukup padat. Akan tetapi keinginan tersebut akhirnya bisa terwujud, tepat malam ke 19 Ramadhan (14 Juni 2017) beliau bisa hadir dan memberikan tausiah yang bertajuk “Menjadikan Al Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Untuk Membentengi Diri Pengaruh Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Globalisasi.

Diawal tausiah Ustadz H. Abdul Somad, Lc. MA menceritakan secara singkat sejarah Masjid Istana Siak, dimana Masjid Syahabuddin merupakan masjid tertua di Kabupaten Siak. Masjid ini merupakan warisan dari Kesultanan Siak yang dibangun semasa kekuasaan Sultan Siak ke 12, Sultan Syarif Kasim II yang dibangun pada tahun 1826. Pada masanya masjid ini menjadi salah satu pusat pengkajian Islam di Asiak Tenggara.

Dalam tausiahya, Ustadz Somad menyampaikan Al Qur’an adalah sumber yang relevan untuk dipergunakan setiap waktu dan setiap keadaan, serta senantiasa dapat menjadi pegangan hidup bagi umat muslim. Sesuai dengan tema tausiah, Ustadz menjelaskan kalau orang datang membawa suatu berita, dimana berita tersebut belum tentu kebenarannya maka wajib dilakukan tabayyun atau diklarifikasi. Sebap kalau tidak diklarifikasi dan ternyata berita atau informasi tersebut salah maka akan ada orang yang dirugikan dan menyebapkan fitnah. Kalau ada orang beriman kemudian suka menyebarkan berita yang dimana berita tersebut belum tentu kebenaranya, maka dia sudah ikut berkontribusi dalam menyebar kebatilan di muka bumi.

Ustadz lulusan S2 Maroko ini juga mengingatkan untuk berhati-hati dalam mengunakan media sosial, karena walaupun kita berpuasa dan tidak melakukan perbuatan dusta, tipu atau bohong, tidak makan dan tidak minum, maka Allah SWT tidak memberikan pahala puasanya karena dia menyebarkan berita bohong, redaksi tersebut merupakan hadis yang disampaikan Rasulullah SAW.

Acara yang berlangsung santai, penuh dinamika, diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pembacaan do’a yang dipimpin langsung oleh Ustadz Somad. Acara tersebut juga dihadiri Asisten I Kabupaten Siak Fauzi Asin, Camat Kota Siak Aditya, tokoh masyarakat, tokoh agama serta ratusan jamaah Masjid Syahabuddin dan jamaah dari sejumlah daerah yang dekat dengan Kota Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 15 Juni 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

2 Comments

  1. Dominoqq  - June 24, 2017 - 11:26 AM
    Reply /

    Sangat Bermanfaat.. 🙂 Terima Kasih

  2. Retno Royani  - July 18, 2017 - 8:03 AM
    Reply /

    Assalamuallaikum, mau tanya kalau mau mengundang ustadz Abdul Somad, kontak dan prosedurnya bagaimana?

Leave a comment

Back to Top