Wabup Buka Diksarlin AKN Siak Angkatan II, Disiplin Kunci Sukses

Wabup Buka Diksarlin AKN Siak Angkatan II, Disiplin Kunci Sukses

No Comments on Wabup Buka Diksarlin AKN Siak Angkatan II, Disiplin Kunci Sukses

Wakil Bupati Siak Alfedri membuka Pendidikan Dasar kedisplinan bagi mahasiswa baru Akademi Komunitas angkatan II Kabupaten Siak di BLK Kampung Paluh Kecamatan Mempura, Senin (7/9).

Hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Siak Sujarwo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kadri Yafis beserta staf dan staf pengajar Akademi Komunitas Negeri Siak.

Dalam arahannya Alfedri mengatakan, kegiatan ini mempunyai peranan penting bagi pembentukan karakter mahasiswa. Karena dengan disiplin, bisa menghasilkan manusia yang produktif.

“SDM yang baik modal dasarnya harus disiplin. Jadi keberhasilan maupun kesuksesan itu akan bisa kita raih dengan kerja keras dan pengorbanan,” jelas Wabup Alfedri.

Dicontohkan Wabup, negara maju seperti Singapura bisa maju karena budaya disiplin mereka. Di sana sumber daya alam bisa dikatakan tidak ada, sementara itu Indonesia memikili sumber daya alam yang banyak, namun SDM Indonesia relatif di bawah Singapura.

“Oleh karena itu, adik-adik mahasiswa AKN ini dibekali dengan pendidikan dasar disiplin. Akademi Komunitas Siak ini merupakan perguruan tinggi negeri yang pertama di Kabupaten Siak,” ungkapnya.

Alfedri juga menjelaskan, proses pendirian dari Akademi Komunitas tidak gampang, bersaing dengan kabupaten/kota daerah lain. Ratusan daerah yang mengusulkan akademi ini. Pemkab Siak yang mulai tahun 2012 mengusulkan kepada pemerintah untuk mendirikan akademi komunitas ini. Pendirian akademi komunitas ini harus ada dukungan dari perusahaan di daerah tersebut, karena diharapkan mahasiswa AKN setelah selesai dapat langsung bekerja di perusahaan yang mendukung tersebut.

“Akademi Komunitas ini tetap dalam proses penilaian oleh Kemenristek dan Dikti, jadi tetap dievaluasi oleh pusat. Oleh karena itu bisa tidaknya kelanjutan dari akademi ini tergantung dari mahasiswa, dosen dan proses belajar-mengajar yang ada di akademi komunitas ini. Tentu nanti akan diakreditasi,” katanya.

“Saya mengharapkan kepada seluruh civitas dan komponen akademika dari Akademi Komunitas ini menunjukkan dedikasi yang tinggi, dengan tujuan Akademi Komunitas ini tetap eksis dan demi anak-anak bangsa atau anak-anak Kabupaten Siak,” harapnya.

AKN ini memiliki konsep yang berbeda dari perguruan tinggi umum lainnya. Dengan adanya kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan PT IKPP dan PT Arara Abadi, kurikulum pun bersama-sama disusun. Begitu juga dengan fasilitatornya mereka akan tunjuk sendiri, kemudian setelah tamat mahasiswa tersebut dapat langsung bekerja di perusahaan tersebut.

Ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengatasi pengangguran, selain itu juga membuka peluang investasi yang sebesar-besarnya di Kabupaten Siak.

“Sekali lagi saya ingatkan kepada adik-adik mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Karena ke depan kita ini dihadapkan dengan persaingan bebas yaitu masyarakat ekomomi ASEAN, yang dimulai dari 30 Desember 2015 mendatang,” ujarnya.

Sumber riaumandiri.co, Rabu 09 September 2015

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top