Wabup Hadiri Rakor Restorasi Gambut

Wabup Hadiri Rakor Restorasi Gambut

Wabup Hadiri Rakor Restorasi Gambut

No Comments on Wabup Hadiri Rakor Restorasi Gambut

Wakil Bupati Alfedri menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Restorasi Gambut dan Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta, Senin (14/3).

Rapat ini diikuti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Daerah se Indonesia.

Usai Rakor Alfedri mengaku, termotivasi untuk menyelamatkan hutan Gambut yang ada di wilayah administrasi Kabupaten Siak. Menurut Alfedri, banyak lahan Gambut yang perlu diselamatkan dari gansnya sijago merah.

“Seperti di kawasan Semenanjung Kampar, kawasan Cagar Biosfer dan kawasan Danau Zamrud.

Kini kondisi hutan di areal itu sebagian sudah rusak parah akibat kebakaran yang terjadi dan terulang beberapa tahun lalu, sebagian memang masih utuh dan perlu diselamatkan,” sebutnya.

Siak punya lahan gambut 57,44 persen dari total luas wilayah Kabupaten Siak, diperkirakan sekitar 8.556,09 kilometer persegi. Ketebalannya mencapai antara 3-15 meter.

“Kalau ini tidak kita selamatkan, saya tidak bisa membayangkan bagaimana Siak 50 atau 100 tahun yang akan datang,” kata Alfedri.

Alfedri mengaku, saat ini Pemkab Siak konsen menyiapkan tim penangulangan Karhutla.

“Kita sudah siapkan tim reaksi cepat, berharap dengan tim itu lahan gambut lebih cepat terselamatkan. Ditambah lagi sat ini ada bantuan kekuatan baru dari Pemerintah pusat. Ini tentu sangat membantu misi Siak menjadi Kabupaten Hijau,” ujar Alfedri.

Dijelaskan Wabup, rapat kali ini Membahas tentang dukungan terhadap Badan Restorasi Gambut (BRG) yang sudah ada berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2016.

Tugas lembaga baru yang dikomandani oleh Nazir Foead ini adalah mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat,  Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua. Adapun target pemulihan gambut hingga lima tahun ke depan mencapai 2 juta hektar.

Alfedri makin bersemangat soal penyelamatan gambut di Siak lantaran Plt Gubernur Riau langsung mengatakan siap bekerja bersama dengan Bupati/Walikota soal penyelamatan gambut tadi.

Sumber riaumandiri.co,  Selasa 15 Maret 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top