Wabup Siak: Presiden Intruksikan Daerah Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi & Tekan Inflasi

Wabup Siak: Presiden Intruksikan Daerah Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi & Tekan Inflasi

Wabup Siak: Presiden Intruksikan Daerah Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi & Tekan Inflasi

No Comments on Wabup Siak: Presiden Intruksikan Daerah Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi & Tekan Inflasi

Wakil Bupati Siak, Alfedri mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (4/8/2016).
Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat pemerintah daerah baik gubernur, wali kota, bupati seluruh Indonesia dan Mentari terkait.

Wakil Bupati Siak Alfedri menyampaikam pada Rakornas TIPD, bahwa presiden Jokowi mengarahkan kepada daerah, pertama meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi. Sebab, pertumbuhan ekonomi yang tinggi tanpa menekan inflasi tidak akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita didorong untuk melakukan percepatan realisasi anggaran. Karena masih ada kas daerah sebesar Rp217 triliun se Indonesia. Oleh karena itu Pak Jokowi mendesak pemerintah daerah segera menggunakan anggaran yang ada,” kata dia.

Kemudian, antisipasi pangan dengan cara menjaga stok barang terutama yang besar pengaruhnya terhadap inflasi seperti beras, bawang merah, cabe merah dan daging sapi maupun daging ayam. Semuanya agar bisa dijaga stok yang tersedia.

Kerjasama antar daerah juga membantu mengurangi inflasi. Salah satunya dengan saling bantu untuk meningkatkan distribusi barang antar daerah.

“Kitakan sudah ada kerjasama antar daerah tersebut, seperti Pekan Sekawan, dan Siak Bedelau. Kerjasama ini dapat meningkatkan produksi antara daerah. Misalnya, di Kampar produksi bawangnya tinggi bisa memasok bawang ke Siak,” sebut dia.

Pada acara itu diumumkan bahwa Kabupaten Siak masuk dalam 10 besar se Indonesia sebagai daerah yang masih memiliki anggaran besar di dalam kas daerahnya.

Rakornas TPID merupakan salah satu pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk membahas tentang inflasi tersebut, yang di selenggarakan setiap tahun dan untuk tahun 2016 ini merupakan perhelatan ke-7 dan mengangkat tema “Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Infrastuktur dan Pembenahan Tata Niaga Pangan”.

Sebagai agenda tahunan, pemerintah pusat juga memberikan penghargaan untuk provinsi dan daerah/kota yang bisa menjaga inflasi dengan baik berdasarkan penilaian yang telah ditentukan.

Sumber kapurnew.com, Kamis 04 Agustus 2016http://siakkab.go.id/wp-admin/post-new.php

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top