Wakil Bupati Siak Hadiri Rembuk Desa Nasional 2017

Wakil Bupati Siak Hadiri Rembuk Desa Nasional 2017

Wakil Bupati Siak Hadiri Rembuk Desa Nasional 2017

No Comments on Wakil Bupati Siak Hadiri Rembuk Desa Nasional 2017

Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Siak Yurnalis serta Kepala Seksi Kelembagaan Masyarakat Kampung dan Adat Oni Weldi hadiri acara Rembug Desa Nasional 2017, yang dipusatkan di Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (26/11/17).

Rembug Desa Tahun 2017 merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Refleksi 3 Tahun Desa Membangun Indonesia, dengan tema Peran Strategis Desa Dalam Pembangunan Berkelanjutan, yang merupakan evaluasi dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Dalam acara ini, Wabup Siak bergabung bersama para peserta yang berasal dari berbagai kalangan, seperti Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Perwakilan Kepala Desa, Pengurus BUM Desa dan Lembaga Kemasyarakatan. Acara tersebut dibuka oleh Menteri Desa PDT dan Transmigrasi RI Eko Putro Sanjoyo, Dirjen PPMJ Taufik Raharjo, ketua umum APDESI H. Sindawa Tarang.

Saat di temui seusai acara, Wabup Siak mengatakan dalam rembug yang dibicarakan, salah satunya tentang dana desa tiga tahun belakangan banyak digunakan untuk infrastruktur, kemudian ke layanan sosial. Kedepan diharapkan lebih diarahkan ke sektor perekonomian untuk memberdayakan ekonomi rakyat sehingga terjadinya pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, tambah Wabup Siak dalam rembug itu juga dibahas mengenai Bumdes, dimana Bumdes kedepannya diharapkan tidak hanya menjadi tempat simpan pinjam, akan tetapi lebih ke nilai usaha untuk mengembangkan usaha desa/produk unggulan.

“Salah satu cara untuk mengembangkan produk unggulan/usaha desa, Bumdes bisa bekerjasama dengan Bumdes yang ada lain, agar bisa bersama-sama memajukan produk unggulan mereka, dan harus ada satu bumdes yang khusus bertugas untuk memasarkan produk unggulan tersebut,” kata Wakil Bupati Siak itu.

Masih kata Wabup Siak, ketika nantinya Bumdes sudah saling bekerjasama, peluang pekerjaan bagi masyarakat di desa tersebut semakin besar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sumber : Humas Kab. Siak, 28 November 2017

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top