Wakil Bupati Siak Safari Ramadhan ke Kampung Tumang

Wakil Bupati Siak Safari Ramadhan ke Kampung Tumang

Wakil Bupati Siak Safari Ramadhan ke Kampung Tumang

No Comments on Wakil Bupati Siak Safari Ramadhan ke Kampung Tumang

Wakil Bupati Siak menghimbau kepada masyarakat Tumang agar gemar membayar zakat, melihat potensi zakat di Tumang ini sangat besar karena banyak lahan sawit disini, sawit ini termasuk zakat niaga. Zakat yang kita keluarkan sebesar 2 ½ dari total penghasilan bersih perbulan diberikan dari kita untuk umat. Hal tersebut diatas  diungkapkan oleh wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si saat menyampaikan kata sambutan dalam acara Safari Ramadhan, Rabu (7/6/17) di Masjid Istiqomah Kampung Tumang, Kecamatan Siak.

Safari Ramadhan Wabup siak di Kecamatan Siak Kampung Tumang ini merupakan malam terakhir Safari Ramadhan Wabup Siak. Tumang ini dari sisi infrastruktur jauh lebih baik, ini terlihat dari akses jalan aspal hitam sampai ke Siak. Dibandingkan dengan beberapa desa yang masih menjadi perhatian pemerintah  karena jalan desanya masih tanah.

Untuk masalah listrik yang dikeluhkan oleh masyarakat Tumang, sesuai program Pemerintah Kabupaten Siak bersama PLN Siak hingga tahun 2019 akan menuntaskan 14 desa yang belum teraliri listrik termasuk Kampung Tumang.

Sementara itu masalah jaringan, Wabup Siak menjelaskan agar camat mengirim surat ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak dan surat tersebut akan direkomendasikan oleh Bupati. Kita berharap pihak Telkom secepatnya membanggun tower Signal di Tumang ini.

Sementara itu Camat Siak Aditia Citra Asmara dalam sambutannya, Kampung Tumang ini dimekarkan pada tahun 1984, saat itu masih bergabung dengan Kabupaten Bengkalis, berhubung letaknya sangat jauh dari ibu kota kecamatan, kampung ini jauh tertinggal dari kampung-kampung yang lain yang ada di Kecamatan Siak, namun sejak dibawah Pemkab Siak kampung ini mengalami perkembangan terlihat dari bangunan SMA yang sudah berdiri, artinya masyarakat tidak perlu jauh-jauh belajar ke Siak.

Saat ini yang menjadi kendala masyarakat tumang adalah terkait kebutuhan komunikasi warga, signal HP susah didapat. Masyarakat masih mendambakan jaringan signal telekomunikasi, masyarakat juga membutuhkan air bersih, dan infrastruktur lainnya agar sejajar dengan kampung-kampung lain.

Camat Siak juga menambahkan, untuk perkembangan UPZ Kecamatan Siak sudah terbentuk dua bualan yang lalu, dalam perjalannya hingga saat ini zakat sudah terkumpul sebesar Rp. 25 juta.  Pengurus UPZ yang sudah terbentuk tancap gas untuk mendata mustaiq yang ada di Kecamatan Siak.  Dari laporan yang disampaikan terdata 300 mustaiq yang kan mengeluarkan zakat baik harta, usaha, dan perkebunan.

Rombongan tim Safari Ramadhan Wakil Bupati Siak membawa sejumlah bantuan yang handak diserahkan kepada masyarakat Tumang, diantarannya  menyerahkan bantuan berbentuk uang tunai untuk 284 orang anak yatim, masing-masing mendapatkan Rp. 200 ribu per orang, satu rol sajadah, dan 20 Al Qur’an terjemahan. Dalam kesempatan itu Wabup Siak juga menyerahkan Kartu Indodesia Sehat (KIS) kepada 5 orang kaum duafa Kampung Tumang.

Dikesempatan itu, sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat PT. RAPP turut menyalurkan bantuan bagi 600 anak yatim Se-kabupaten Siak, dengan rincian daerah yang mendapat bantuan 7 kecamatan serta 29 kampung masing-masing mendapatkan Rp.100 ribu per orang. Bantuan langsung di serahkan secara simbolis oleh perwakilan manajemen PT. RAPP, Manajer SHR Regional Siak Meranti Syamsuria, M. Hasyim didampingi oleh Wakil Buapti Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 8 Juni 2017

Similar Posts:

    None Found

linked in share button

Leave a comment

Back to Top