Wakil Bupati Siak Sampaikan Ranperda RPJMD ke Dewan

Wakil Bupati Siak Sampaikan Ranperda RPJMD ke Dewan

Wakil Bupati Siak Sampaikan Ranperda RPJMD ke Dewan

No Comments on Wakil Bupati Siak Sampaikan Ranperda RPJMD ke Dewan

Pemkab Siak Rabu, (16/11) pagi, secara resmi menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Siak Periode 2016-2021. Ranperda ini disampaikan melalui Rapat Paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak. Hadir pada saat itu Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T Said Hamzah, Anggota DPRD Siak, dan sejumlah pimpinan SKPD.

Saat menyerahkan dokumen Ranperda tersebut kepada Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil Bupati Siak Alfedri meminta agar dokumen RPJMD ini dapat dibahas oleh pihak DPRD untuk secepatnya dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

“Semoga dokumen ini nantinya langsung dibahas supaya bisa langsung ketahap berikutnya hingga dijadikan Perda”, sebut Alfedri.

wabup-sampaikan-ranperda-rpjmd-2016-2021-pada-sidang-paripurna-dprd-siak-di-gedung-panglima-ghimbam-dprd-siak

Berikut isi pidato yang dibacakan Wakil Bupati Siak:

RPJMD merupakan penjabaran dari Visi, Misi dan Program Kepala Derah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMN.

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah kami menjelaskan secara garis besar substansi yang terkandung dalam RPJMD Kabupaten Siak Tahun 2016-2021. Dari gambaran umum kondisi Kabupaten Siak 5 (lima) tahun terakhir telah diidentifikasi berbagai permasalahan dan isu-isu strategis pembangunan daerah yang menjadi prioritas untuk dapat diselesaikan dalam 5 (lima) tahun kedepan. Untuk menjawab hal tersebut, telah dirumuskan Visi Jangka Menengah Kabupaten Siak Tahun 2016-2021 yaitu “Terwujudnya Kabupaten Siak Yang Maju Dan Sejahtera Dalam Lingkungan Masyarakat Yang Agamis Dan Berbudaya Melayu Serta Menjadi Tujuan Pariwisata Di Sumatera”.

 

Dalam rangka pencapaian dan perwijudan visi dimaksud, telah dirumuskan 5 (lima) misi pembangunan Kabupaten Siak Tahun 2016-2021 yaitu:

  1. Mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berakhlak, beriman dan bertaqwa serta berbudaya melayu;
  2. Mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata dan berwawasan lingkungan;
  3. Mewujudkan perekonomian daerah yang mandiri dan berdaya saing;
  4. Mewujudkan destinasi pariwisata yang berdaya saing berbasis budaya;
  5. Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik, bersih serta pelayanan publik yang prima.

Visi dan Misi Jangka Menengah Kabupaten Siak tersebut diimplementasikan dalam berbagai tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan selama kurun waktu 5 (lima) tahun. Agar pelaksanaan RPJMD ini lebih efektif dan terarah maka telah dirumuskan 9 (Sembilan) prioritas pembangunan Kabupaten Siak dengan sasaran dan target kinerja yang telah ditetapkan setiap tahunnya selama 5 (lima) tahun kedepan dari tahun 2017 sampai dengan 2021 serta SKPD penanggungjawab dalam mencapai kinerja tersebut.

9 (Sembilan) prioritas pembangunan Kabupaten Siak di dalam RPJMD Kabupaten Siak tahun 2016-2021 meliputi:

  1. Peningkatan Infrastruktur Dasar secara merata;
  2. Peningkatan kualitas pendidikan;
  3. Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat;
  4. Pengembangan Kawasan Strategis (KITB, Kawasan Pariwisata, Kawasan Pertanian);
  5. Penanggulangan kemiskinan; dengan sasaran Menurunnya tingkat kemiskinan.
  6. Pengembangan dan Pelestarian budaya melayu; dengan sasaran meningkatnya kehidupan berbudaya.
  7. Pembangunan Berwawasan Lingkungan; dengan sasaran meningkatnya aktivitas pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
  8. Pengembangan UKM dan Ekonomi kreatif; dengan sasaran meningkatnya kualitas dan kuantitas koperasi dan UMKM (agroindustri dan pariwisata).
  9. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik yang Prima; dengan sasaran meningkatnya kinerja birokrasi dan meningkatnya pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Dalam pengelolaan kebijakan pendapatan daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak senantiasa berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mengurangi ketergantungan terhadap penerimaan dari Pemerintah Pusat, sehingga penyelenggaraan otonomi dan keleluasaan daerah tercapai secara lebih maksimal. Adapun strategi yang diambil untuk meningkatkan penerimaan PAD dilakukan melalui kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi serta optimalisasi penerimaan dari sumber-sumber lainnya. Selain itu kita juga akan melakukan upaya mencari sumber pendanaan lainnya baik melalui dana alokasi umum, dana insentif daerah, dana alokasi khusus APBN, dana tugas pembantuan, bantuan keuangan dari Provinsi serta bantuan CSR perusahaan.

Terkait dengan indikator dan target kinerja daerah Kabupaten Siak selama kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan ditetapkan dengan memperhatikan sumberdaya yang dimiliki Kabupaten Siak serta telah disinkronkan dengan penetapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pemerintah Pusat, RPJMN 2015-2019 dan RPJMD Provinsi Riau serta target Sustainable Development Goals (SDGs).

Untuk beberapa indikator dan target kinerja makro Kabupaten Siak tahun 2016-2021 dapat kami sampaikan sebagai berikut, untuk indikator tingkat pengangguran terbuka dari realisasi sebesar 10,2 persen pada tahun dasar ditargetkan turun menjadi 4 sampai 5 persen akhir RPJMD.

Angka kemiskinan Kabupaten Siak dari realisasi sebesar 5,6 persen pada tahun dasar ditargetkan tetap stabil pada kisaran 5 sampai 5,5 persen pada akhir RPJMD. Selanjutnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Siak dari realisasi sebesar 72,17 tahun pada tahun dasar ditargetkan terus mengalami kenaikan hingga ditargetkan sebesar 74,53 tahun pada akhir RPJMD.

Sumber Bagian Humas Setda Kab. Siak, Rabu 16 Novemer 2016

linked in share button

Leave a comment

Back to Top