Warga Diminta Proaktif Bawa Balita Imunisasi Polio 8-15 Maret 2016

Warga Diminta Proaktif Bawa Balita Imunisasi Polio 8-15 Maret 2016

Warga Diminta Proaktif Bawa Balita Imunisasi Polio 8-15 Maret 2016

No Comments on Warga Diminta Proaktif Bawa Balita Imunisasi Polio 8-15 Maret 2016

Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Kesehatan menggelar sosialisasi Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan program nasional tersebut yang akan dilaksanakan serentak pada 8-15 Maret mendatang.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Assiten III, H Jamaluddin dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dr Yohanes, M.Si Selasa (01/03/16) di Gedung Pucuk Rebung Kantor Bupati.

Dalam sambutannya, H Jamaluddin mengatakan untuk anak usia 0-1 tahun wajib mendapatkan imunisasi sebanyak 4 kali.

“Untuk itu kita mengharapkan kepada pihak kesehatan untuk bersama-sama memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya imunisasi,” ujar Jamaluddin.

Lanjut Jamaluddin, banyaknya fungsi dari imunisasi berdampak baik bagi anak-anak. Baik itu dapat mencegah beberapa penyakit seperti mengakibatkan kecacatan hingga kematian pada anak.

Namun demikian dirinya sangat berharap kepada seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan hingga akhir nantinya. Dan peserta dapat menyampaikan kepada seluruh masyarakat baik ditingkat Kampung, Kelurahan hingga Kecamatan akan pentingnya Imunisasi, sehingga tidak ada lagi balita di Kabupaten Siak yang terserang penyakit polio.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Dr. Toni Chandra menambahkan, sasaran utama program nasional itu tidak lain bertujuan untuk menekan angka polio bagi anak-anak di Kabupaten Siak, dengan sasaran Zero Polio.

“Untuk itu kita menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten yang mempunyai anak 1-5 tahun untuk mengikuti PIN Polio serentak se Indonesia yang akan dilaksanakan pada 8-15 Maret mendatang di seluruh Kecamatan, baik di Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes maupun Pospospin,” ujar toni.

Sedangkan imunisasi tambahan ini diperuntukan kepada 55300 Balita yang tercatat dan target minimal untuk imunisasi anak tersebut sebesar 90 persen

Toni juga mengatakan anggaran yang digunakan untuk program ini berasal dari pusat dan dari daerah ” Vaksin dan obat-obatan itu dananya dari pusat sedangkan untuk pelaksanaanya itu berasal dari dana APBD,” tutup Toni

Turut  hadir dalam acara tersebut Camat se-Kabupaten yang di wakili Kasi Kesra, Perwakilan Puskesmas, Postu dan unsur Muspida.

Sumber infosiak.com, Selasa 01 Maret 2016

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top