Citra satelit pemantau mencatat, titik panas (Hotspot) mulai muncul di Provinsi Riau, Rabu (11/1/2017) pagi ini. Setidaknya ada tiga kabupaten yang jadi sebarannya, diantaranya Rohil, Rohul dan Siak.

Sesuai data yang dirilis BMKG Stasiun Pekanbaru pagi ini, tiga kabupaten itu memiliki titik panas dengan level confidence di atas 70 persen, yang artinya berkemungkinan besar merupakan titik api.Dirincikan, dua titik panas berada di Rohil, diantaranya di Bagan Sinembah dan Tanah Putih. Satu titik panas di Rohul, berada di daerah Tembusan, lalu satu titik panas lainnya di Siak Sri Indrapura.Sementara titik panas dengan level confidence di atas 50 persen terhitung ada sembilan spot, yang menyebar di empat kabupaten, di Provinsi Riau. Jumlah ini sama dengan titik panas sore kemarin.

“Di Kepulauan Meranti satu hotspot, di Rohil tiga hotspot, Rohul tiga hotspot dan Siak dua hotspot. Total ada sembilan, dengan level confidence di atas 50 persen,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Rabu pagi.Terpisah, Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi mengatakan, suhu/temperatur maksimal di Riau belakangan memang cukup panas.

Termasuk hari ini, yang diprakirakan tembus 34,5 derajat celcius.”temperatur (suhu) di Riau hari ini diprakirakan berada di angka 32 hingga 34,5 derajat Celcius, di mana pada umumnya cuaca cerah-berawan,” jelasnya kepada GoRiau.com (GoNews Group).”Untuk potensi hujan dengan intensitas ringan, tidak merata terjadi di Riau bagian timur, pesisir timur dan selatan, pada sore atau malam hari,” pungkas dia.Dengan kondisi seperti ini, tentu saja cukup rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau. ***