WISATA BELANJA

WISATA BELANJA

Kerajinan tangan yang terkenal dari Siak sejak dahulu adalah tenunan siak. Kain tersebut awalnya dikenal di lingkungan istana saja. Tenunan ini dibuat  menggunakan benang katun atau benang sutera bermotif pucuk rebung, siku keluang, tampuk manggis, dan lain-lain. Tenunan Siak pastinya menjadi cenderamata spesial karena diminati kolektor dan pelancong yang datang ke Siak. Harganya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Temukan tempat asli kain tenun ini di Kecamatan Bukit Batu.

Kabupaten Siak adalah salah satu penghasil salak karena memiliki perkebunan seluas 40 hektare di Kecamatan Dayun,  65 Km dari Kota Siak. Di Siak Anda dapat membeli salak dengan rasa manis dan tak kalah dengan salak bali atau salak pondoh. Jika berkunjung ke Kabupaten Siak, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi Salak Siak.

Bolu kemojo adalah makanan khas Siak yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh atau sekadar dicicipi kenikmatannya. Warna kue bolu ini hijau coklat terbuat dari tepung terigu dan pandan sebagai pewarnanya. Biasanya kue ini disajikan saat hajatan atau hari raya.

Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal di lingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana.

Tenun Siak adalah tenunan yang dibuat (ditenun) dengan menggunakan benang katun atau benang sutera yang diberi motif benang emas dengan berbagai motif seperti pucuk rebung, siku keluang, tampuk manggis, dan lain-lain.

Dengan dimekarkannya Siak menjadi Kabupaten, perhatian pemerintah terhadap perkembangan tenunan Siak semakin besar, dan tenunan Siak sebagai bawang bawaan atau cinderamata khas dari Siak semakin diminati oleh para kolektor, masyarakat pemakai, dan para pelancong yang datang ke Siak.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top