WISATA KULINER

WISATA KULINER

Bicara masalah wisata kuliner ini, di daerah kabupeten Siak Sri Indrapura juga memiliki makanan khas yang tidak kalah uniknya dengan makanan khas terkenal lain yang ada di Indonesia, adapun makanan khas yang terdapat di daerah kabupaten siak ini yang biasa dijadikan jajanan khusus bagi orang-orang yang berkunjung ke daerah ini adalah Bolu Kemojo (roti bolu khas yang terdapat di daerah kabupaten Siak), Dodol Burung, dan Ikan Salai.

Di tepi Sungai Siak tidak jauh dari Istana Siak, mulai sore hari hingga malamnya, ada banyak penjaja makanan seperti jagung bakar, es kelapa muda, dan aneka makanan laut. Anda dapat berduduk santai sambil bercengkrama menikmati keindahan pemandangan Matahari terbenam dan gemerlap lampu Jembatan Siak.

Tidak jauh dari Istana Siak, banyak terdapat warung makan yang menyajikan Udang Galah Goreng sebagai salah satu ikon makanan khas Siak. Udang galah (Macrobrachium rosenbergii) adalah jenis udang air tawar yang berukuran cukup besar dan menjadi kuliner yang patut Anda cicipi.

Bolu kemojo adalah makanan khas Siak yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh atau sekadar dicicipi kenikmatannya. Warna kue bolu ini hijau coklat terbuat dari tepung terigu dan pandan sebagai pewarnanya. Biasanya kue ini disajikan saat hajatan atau hari raya.

Semasa dahulu pekerjaan menenun hanya dikenal di lingkungan istana saja sebagai pekerjaan sambilan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun merembes keluar tembok istana.

 

linked in share button

Leave a comment

Back to Top