Wujud Peduli Dengan Petani Sawit Pemkab Siak Selalu Bersinergi Dalam Program Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat

Wujud Peduli Dengan Petani Sawit Pemkab Siak Selalu Bersinergi Dalam Program Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat

Wujud Peduli Dengan Petani Sawit Pemkab Siak Selalu Bersinergi Dalam Program Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat

No Comments on Wujud Peduli Dengan Petani Sawit Pemkab Siak Selalu Bersinergi Dalam Program Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat

Dayun – Bupati Siak Syamsuar lakukan tanam perdana bibit sawit masyarakat Setelah Replanting di Kampung Teluk Merbau Kecamatan Dayun. kamis (6/12/18).

Sebelum melakukan penanaman, Bupati Siak Syamsuar menjelaskan untuk di Kabupaten Siak, ada 4 Kecamatan yang masuk dalam lokasi peremajaan kebun kelapa sawit diantaranya, Kecamatan Lubuk Dalam, Koto Gasib, Kerinci Kanan dan Kecamatan Dayun.

Dari data yang ada sebanyak 37 orang anggota kelompok tani di Teluk Merbau ini telah menjalankan inovasi  pada masa replanting dengan tanaman pajele (padi,jagung,kedele) dan sukses sebagai tanaman pendamping selama menunggu masa panen kelapa sawit, tentu ini yang kita harapkan guna sebagai penopang perekonomian masyarakat.

Syamsuar juga meminta agar program replanting ini dapat dimanfaatkan, dan di jalankan dengan sebaik mungkin, mengingat usia tanaman kelapa sawit milik warga sudah berusia rata-rata 25 tahun, artinya produktifitas buah sawit tidak lagi maksimal.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Pemerintah berkomitmen untuk mendorong, dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat melalui progam inovasi unggulan desa”, kata Syamsuar.

Selain itu, Bupati Siak dua periode itu juga berharap kepada penguhulu agar dapat menciptakan inovasi atau keunggulan khas tempatan, agar bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian desa, Seperti contoh menjadi desa wisata”, ungkap Syamsuar.

Dalam rangkaianya melakukan penanaman kelapa sawit , Syamsuar juga meninjau lahan tanaman pajele milik warga, dan di dampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan H. Amin Budiyadi, Camat Dayun Ricko Riyanto, Direksi Bank Riau Kepri, dan BPTP Balitbang Provinsi Riau.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Holtikultura Amin Budiyadi menuturkan, program replanting (peremajaan) kelapa sawit tersebut mulai dirintis pada tahun 2017 lalu.

“Setelah dirilis pada tahun 2017 lalu, program replanting kelapa sawit untuk di kecamatan Dayun ada kurang lebih 7.000 hektar lebih”, jelas Amin.

Sumber Humas Pemkab Siak
Editor doliwtr
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr**

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top