1.500 Anak Dikirim Belajar ke PT

1.500 Anak Dikirim Belajar ke PT

No Comments on 1.500 Anak Dikirim Belajar ke PT

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, Pemkab sudah mengirimkan 1.500 anak-anak Siak belajar ke perguruan tinggi di luar Riau, dan juga pondok pesantren, lewat progam beasiswa pendidikan.

Langkah ini dilakukan, agar Sumber Daya Manusia (SDM) Siak bisa lebih baik dan berdaya saing tinggi dengan daerah lainnya. Kunci utama keberhasilan sebuah daerah dititikberatkan pada kualitas SDM. Semakin baik kualitas SDM, maka daerah tersebut jadi maju.

Pembangunan SDM di Siak ini semakin tahun ke tahun terus ditingkatkan. Tak hanya infrastruktunya semata, namun sarana, SDM pengajar juga dilengkapi.

‘’Kami ingingkan generasi Siak adalah generasi emas yang memiliki daya saing tinggi,’’ kata Syamsuar di hadapan mahasiswa Siak pada halalbihalal Pemkab dengan mahasiswa Kabupaten Siak, sekaligus pelepasan mahasiswa baru UGM, IPB, UPI Bandung dan BTP Batam tahun 2015, di Raja Indra Pahlawan Room (RIPR), Rabu (19/8).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Drs H Alfedri MSi, Kadisdikbud Siak Drs H Kadri Yafis MPd. Saat ini, sumber pendapatan Kabupaten Siak masih bersumber dari Migas dan sektor lainnya seperti perkebunan, pertanian, dan lainnya.

Akan tetapi, sumber ini suatu saat bisa saja habis. Karena itu disiapkan SDM yang mumpuni. Dengan kualitas SDM nantinya mereka bisa bebruat lebih baik lagi, tak mengandalkan Migas.

Sebagai contoh, lihat saja Singapura. Negara tersebut tak miliki sumber daya alam, akan tetapi jadi penentu dan leader di Asia, karena SDM-nya bagus.

Tentunya, di Siak SDM harus lebih baik lagi. Sejalan dengan cita-cita Pemkab dalam meningkatkan SDM warganya. Pemkab sendiri tak menginginkan sekiranya SDA habis, SDM-nya rendah. Karena itu berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan.

Salah satunya adalah wajib belajar, agar nantinya tingkat pendidikan terendah tak lagi sekolah dasar, minimal SMA.

Karena itu, ia tekankan pentingnya pendidikan yang dibantu oleh pemerintah. Manfaatkan sebaik-baiknya.

‘’Saya berharap, nantinya saudara bisa jadi orang hebat, tak hanya lulusan SI dan S2, tapi juga S3,’’ harap dia.

Kadisdikbud Siak Drs H Kadri Yafis MPd menambahkan, tahun ini, Pemkab mengirim 39 siswa untuk belajar di perguruan tinggi negeri. Mereka ini hasil dari seleksi yang dilakukan. Tersebar di UGM 3 orang, IPB 5 orang, UPI 20 orang, STTD 2 orang dan BTP 9 orang.

‘’Mereka yang lulus ini, agar belajar sungguh-sungguh, karena ini merupakan kesempatan yang baik bagi mereka dalam mengejar cita-cita,’’ kata Kadri.

Sumber riaupos.co, Kamis 20 Agustus 2015

Leave a comment



Back to Top