Di Pimpin Presiden Joko Widodo, Bupati Alfedri Hadiri Peringatan Harlah Pancasila, di Kota Dumai.

Anuar Rasyid 2 minggu yang lalu - Senin, 3 Juni 2024 10:06 Dilihat 53 kali
IMG

Bupati Siak Alfedri bersama Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang dipusatkan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau. Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 itu, dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Jokowi dodo, dan menjadi inspektur upacara (irup). Dan sebagai komandan upacara ialah Kombes Andri Ananta Yudhistira yang merupakan Direskrimum Polda Jambi.

Dalam amanatnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Presiden Jokowi mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini", Jelas Presiden Republik Indonesia.

Joko Widodo menambahkan, patut di syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “bhinneka tunggal ika”.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia" ucap Presiden RI Joko Widodo.

Bupati Siak Alfedri saat ditemui usia mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila mengatakan hari ini seluruh Kepala Daerah baik Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024, bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan beberapa Menteri.

"Alhamdulillah hari ini saya bersama Bupati/Walikota se-Provinsi Riau mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024, yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Kota Dumai," ucap Alfedri.

Alfedri menjelaskan, Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan warga negara dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Hari Lahir Pancasila ini, momen kita untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat, untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan," ajak nya.

Momentum hari lahir Pancasila tingkat nasional itu, di manfaatkan Bupati Alfedri untuk bersuwafoto bersama sejumlah menteri kabinet Jokowi dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serta tokoh masyarakat Riau.

Peringatan Hari Lahir Pancasila turut hadir menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, terlihat hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Tags:
Share:
2 minggu yang lalu

Di Pimpin Presiden Joko Widodo, Bupati Alfedri Hadiri Peringatan Harlah Pancasila, di Kota Dumai.

4 hari yang lalu

Pemkab Siak Terus Bergerak Intervensi Stunting Kampung Ke Kampung

1 bulan yang lalu

Pemkab Siak, Beri Kemudahan Layanan Pembuatan E-KTP Bagi Pelajar Usia 17 Tahun.

2 minggu yang lalu

Wakil Bupati Husni Merza Jadi Keynote Speaker di FGD Bahas Potensi Perdagangan Karbon di Kabupaten Siak.

4 hari yang lalu

Pemkab Siak Terus Bergerak Intervensi Stunting Kampung Ke Kampung

2 minggu yang lalu

Permaisuri Resmi Dilantik, Harapan Alfedri; Asah Potensi Diri Menjadi Mandiri dan Berinovasi Untuk Peluang Usaha Terbaru Kabupaten Siak

1 minggu yang lalu

SURAT EDARAN PENGGUNAAN LOGO DAN TEMA HUT PERAK KE-25 KABUPATEN SIAK TAHUN 2024 SERTA PENGGUNAAN LOGO BERAKHLAK DAN TAGAR BANGGA MELAYANI BANGSA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SIAK

1 minggu yang lalu

Di Beri Penabalan Gelar Adat Oleh LAMR Siak,Wabup Husni Merza Ucapkan Terimakasih