Alfedri Sebut, ”Dengan Smart Kampung” Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Baik

Alfedri Sebut, ”Dengan Smart Kampung” Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Baik

Alfedri Sebut, ”Dengan Smart Kampung” Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Baik

No Comments on Alfedri Sebut, ”Dengan Smart Kampung” Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Baik

Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si membuka secara resmi rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019. Mengawali rapat Bupati Siak Alfedri melakukan pemukulan gong terlebih dahulu. Acara tersebut berlangsung di Gedung Kesenian Siak, Rabu, (11/09/2019).

Selain dihadiri oleh Bupati Siak, rapat itu juga hadiri oleh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Siak, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S Hamzah, Inspektur Kabupaten Siak, Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Komisioner BAZnas Kabupaten Siak, Camat se-Kabupaten Siak, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Siak, Ketua Bapekam, Ketua LPM se-Kabupaten Siak.

Rakor Pejabat Pemerintah Daerah tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, senergitas, pemahaman antara aparatur pejabat pemerintah daerah dengan aparatur Pemerintah Kampung agar terjalin sinkronisasi dan harmonisasi dalam pelaksanaan dalam rangka mewujudkan tertib penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Siak sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri menyampaikan, Pemerintah Kampung diberi wewenang untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki, menginisiasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan kreatif dan inovatif serta menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dengan cerdas atau dengan sebutan lain Smart Kampung.

Konsep Smart Kampung sendiri sambungnya, sudah berhasil diterapkan di Banyu Wangi Jawa Timur, dimana seluruh Penghulu sudah melakukan kepengurusan melalui online. Melalui Aplikasi seluruh pelaporan penggunaan dana Kampung dapat di akses melalui online.

“Hari ini kita coba menghadirkan Bupati Banyu Wangi bapak Abdullah Azwar Anas sebagai narasumber kita namun beliau berhalangan hadir dan digantikan Kadis Infokomnya. Pelaporan penggunaan dana desa per triwulan dapat kita ketahui mulai dari 10% 50% dan 100%, ini dapat diketahui oleh Bupatinya, kata Alfedri.

Lanjutnya, dalam rangka mendorong UMKM di kampung agar lebih kreatif, setiap kampung menerapkan one village one product (satu kampung satu produk) sehingga melalui kerja sama dengan market online produk UMKM mereka sangat laku di pasaran.

“Inilah yang akan kita lakukan dan saya mengharap, penggunaan dana kampung lebih kepada pemberdayaan masyarakat melalui Bumkam dorong produk UMKM kita agar menjadi unggulan”, sebutnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 11 September 2019 (Rby)

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top