Bantuan Pinjaman Alat Tenun

Bantuan Pinjaman Alat Tenun

Bantuan Pinjaman Alat Tenun

No Comments on Bantuan Pinjaman Alat Tenun

Bungaraya – Tibalah rombongan ibu-ibu di rumah Rasmi (26) ibu rumah tangga Kampung Tuah Indrapura Kec. Bungaraya yang sudah mahir menenun, Sabtu (18/01/2020).

Rasmi menceritakan pengalaman menenun sudah ia mulai dari tahun 2013 yang lalu, sempat berhenti karena berumah tangga. Kemudian mulai lagi menenun di tahun 2019.

“Alhamdulillah atas bantuan pinjaman alat tenun ini saya bisa membantu ekonomi keluarga, tanpa harus bolak balik dari rumah ke Siak”, ujarnya.

Ia berharap ibu-ibu di kampungnya bisa dapat bantuan yang serupa, dan diajari bagaimana cara membuat kain tenun Siak dengan baik. Biar ibu-ibu ada kegiatan yang menghasilkan dirumahnya.

Terkait hal itu Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengatakan, bahwasanya pihak Dekranasda kekurangan tenaga penenun. Sementara ditempatnya ada delapan unit alat tenun.

Oleh karena itu pihaknya berinisiatif untuk meminjamkan alat tersebut kepada ibu-ibu atau masyarakat lainnya, yang bisa menggunakan alat tersebut dirumahnya masing-masing.

Kata dia, regenerasi penenun kain tenun Siak melalui berbegai pelatihan sangat diperlukan, termasuk pembinaan berkelanjutan agar dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi para pelaku usaha kain tenun.

“Saat ini ada empat orang yang sedang belajar menenun di Dekranasda kabupaten Siak”, ucapnya.

Menurut dia, kegiatan pelatihan ini dapat melestarikan, dan mengembangkan tenun Siak yang saat ini permintaannya cukup tinggi.

“Kami terus mendukung berbagai upaya untuk pengembangan tenun Siak ini, termasuk melalui promosi, fashion show dan kegiatan lainnya”, imbuhnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 18 Januari 2020 (Rby)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top