Bapekam Mitra Sejati Penghulu, Harus Bersinergi Dalam Konteks Membangun Kampung

Bapekam Mitra Sejati Penghulu, Harus Bersinergi Dalam Konteks Membangun Kampung

Bapekam Mitra Sejati Penghulu, Harus Bersinergi Dalam Konteks Membangun Kampung

No Comments on Bapekam Mitra Sejati Penghulu, Harus Bersinergi Dalam Konteks Membangun Kampung

Minas – Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si melantik 54 orang Badan Permusyawarahan Kampung (Bapekam) Kecamatan Minas di Aula Kantor Camat Minas, Sabtu (03/08/2019).

54 orang Bapekam yang dilantik berasal dari Kampung Minas Barat, Minas Timur, Mandi Angin, Rantau Bertuah Kecamatan Minas dan Tualang Timur Kecamatan Tualang, Kampung Merempan Hulu.

Bupati Alfedri mengapresiasi dari jumlah Bapekam yang dilantik, terlihat semangat semua dan rata rata muda muda. Bapekam yang dilantik rata rata memiliki perwakilan kaum hawa.

“Saya cek tadi rata rata disetiap Kampung Bapekam yang dilantik, terdapat Ibu ibu. Ini patut kita apresiasi artinya proses pemilihannya berjalan, masyarakat memilih Bapekam secara langsung. Artinya kita memerikan ruang bagi kaum wanita bekerja di semua lembaga, dalam rangka kesetaraan gender”, kata Alfedri.

Lanjutnya, melalui Dana Kampung banyak hal yang bisa kita programkan, terutama yang sifatnya pemberdayaan bagi masyarakat melalui program yang sudah disepakati bersama Penghulu Kampung.

Dengan keterwakilan Ibu ibu di Bapekam, para ibu dapat ambil bagian dalam memajukan pembangunan kampung. Juga dapat membidangi urusan wanita seperti menggerakan PKKnya, Dasawisma dan lain lain.

“Saya berharap melalui dana kampung banyak hal yang bisa dibuat terutama para ibu ibu, ambil bagian dalam rangka memajukan kampung melalui kelompok usaha, gerakan PKK, Dasawisma dan lain lain”, harapnya.

Pada kesempatan itu Alfedri menekankan, pemerintah kampung harus mendukung program Kabupaten, karena Kampung memiliki Anggaran mulai dari dana alokasi Dana Kampung ADK, ada Kampung yang menerima 2,5 miliar.

“Saya mengharapkan para Penghulu dapat mengelola dana ini dengan baik serta prioritas tinggi. Dengan akuntabilitas serta dengan programkan yang dijalankan yang disepakati dengan Bapekam”, terangnya.

Bapekam sebagai mitra sejati penghulu hendaknya saling bersinergi dalam konteks membangun kampung. “Bapekam sebagai wakil dari masyarakat harapnya tolong diawasi pemerintah kampung sebagaimana tupoksi Bapekam mengawasi, regulasi serta menyusun anggaran.

Hadir dalam acara itu Kadis PMK Kabupaten Siak Yurnalis, Camat Siak, Camat Tualang serta Camat Minas serta penghulu se Kecamatan Minas.

Sumber : MC Kab. Siak, 03 Juli 2019 (Rby)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top