Kebersamaan Pemimpin dan Masyarakat, Kunci Keberhasilan Membangun Kampung

Kebersamaan Pemimpin dan Masyarakat, Kunci Keberhasilan Membangun Kampung

Kebersamaan Pemimpin dan Masyarakat, Kunci Keberhasilan Membangun Kampung

No Comments on Kebersamaan Pemimpin dan Masyarakat, Kunci Keberhasilan Membangun Kampung

Siak – Tiga penjabat Penghulu Kampung di Kecamatan Siak diantaranya Pejabat Penghulu Buantan Besar, Rawang Air Putih dan Suak Lanjut dilantik Bupati Siak di halaman Kantor Camat Siak di Kampung Dalam, Kamis (02/05/2019).

Dalam kesempatan itu ,Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si menekankan kepada pejabat penghulu (Pj) yang baru dilantik bahwa kunci keberhasilan dalam pembangunan kampung adalah kebersamaan antara pemimpin dengan masyarakat.

“Kunci dari keberhasilan pemerintahan adalah keteraturan, bayangkan kalau tak ada pemimpin. Keteraturan itu sangat bergantung dari pola kepemimpinan”, kata Bupati Siak Alfedri saat memberikan sambutan.

Dijelaskannya, keberadaan pejabat penghulu yang baru ditunggu-tunggu dan diharapkan perannya oleh masyarakat kampung karena penghulu lama menurut ketentuan perundang-undangan sudah berakhir masa jabatannya sehingga diperlukan penjabat pengganti (Pj).

“Berhubung penghulu lama telah berakhir masa jabatannya, dilakukan pelantikan penjabat Penghulu dari ASN. Karena itu jalankan tugas ini dengan sebaik mungkin. Kami yakin saudara-saudara mampu melaksanakannya”, sebut Alfedri.

Alfedri berharap, pejabat yang dilantik dapat memahami berbagai aturan yang berlaku terkait pelaksanaan tugas di pemerintahan kampung, karena kesehariannya telah bertugas melaksanakan roda pemerintahan sehingga sampai masanya tanggung jawab tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

“Saya minta saudara-saudara mensiasati pembagian tugas, karena tugas sebagai Kepala Kampung ini tidak ada jamnya. Kalau ada warga datang malam-malam ke rumah ya harus tetap dilayani”, pesannya.

Hal tersebut kata Pemimpin Siak itu, berbeda dengan dibirokrasi atau ASN yang telah terjadwal dan terprogram jam kerjanya.

“Sebagai pejabat kampung, kita harus melayani masyarakat sepanjang waktu. Menjadi Ketua RT saja harus begitu, apalagi menjadi Penghulu dan Bupati, tak cukup jam, bahkan di hari libur pun juga bertugas”, sebutnya.

Kesempatan itu juga dijadikan Alfedri untuk mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para pejabat penghulu sebelumnya yang telah mendedikasikan diri kepada kampungnya masing-masing.

“Kepada Bapekam, aparat kampung serta seluruh masyarakat, kami berharap saling dukung dan saling membantu kepemimpinan pejabat penghulu yang bertiga ini. Karena penghulu tak bisa bekerja sendiri, sekalipun perangkat kampungnya hebat, tanpa partisipasi dan kontribusi positif dari masyarakat keberhasilan pembangunan sulit tercapai. Keberhasilan adalah buah kebersamaan antara pemimpin dengan masyarakat”, pungkasnya.

Tiga pejabat yang dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati Siak Alfedri antara lain Pj. Penghulu Kampung Buantan Besar Heni Marianti, Pj. Kampung Rawang Air Putih Bobby Irawan Yamani dan Pj. Kampung Suak Lanjut dijabat oleh Edi Posman Manullang.

Jabatan Pejabat Penghulu ini dimulai sejak masa kepemimpinan pejabat lama tersisa masing-masing antara 10 sampai 11 bulan kedepan, hingga terlaksananya pemilihan kepala kampung berikutnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 03 Mei 2019 (Rby)

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top