Ketika Anak Dipukul Temannya, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua?

Ketika Anak Dipukul Temannya, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua?

Ketika Anak Dipukul Temannya, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua?

No Comments on Ketika Anak Dipukul Temannya, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua?

Anak perlu dibiasakan untuk mau berteman dan bersosialisasi dengan siapa saja, namun bagaimana jika teman yang ia miliki justru emosional dan suka memukul?

Jika kondisinya demikian, orang tua perlu lebih ekstra dalam bertindak. Salah memberikan respons dan tanggapan, anak juga bisa jadi ikut emosional dan menjadi lebih kasar.

Seperti disampaikan oleh psikolog Anna Surti Ariani, MPsi, benar adanya bahwa di setiap lingkungan sosial anak-anak, pasti akan ada anak yang sedikit lebih emosional dibandingkan anak lainnya. Anak ini biasanya memiliki emosi yang sulit dikendalikan dan bisa ‘meledak’ kapan saja.

“Kalau anaknya masih usia 1-3 tahun kan belum menilai mana yang benar dan salah ya, lebih baik diberikan pengertian untuk melaporkan ke guru jika ada sesuatu yang tidak biasa. Misalnya ada yang tidak enak lapor guru, ada yang dipukul lapor guru, jadi instruksinya jelas dan anak tidak bingung,” tutur wanita yang akrab disapa Nina ini.

Sementara untuk anak yang usianya 4-6 tahun, maka ajaran yang bisa dilakukan oleh orang tua sedikit berbeda. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk mengenali situasi, tidak serta-merta mengajarkan anak untuk membalas jika dipukul.

“Sebaiknya tidak diajari memukul balik ya, itu namanya mengajarkan anak untuk bullying dan kasar. Ini tidak benar. Ajarkan anak untuk berkata ‘aku tidak suka dipukul, kenapa kamu pukul aku’. Ini kan butuh kemampuan bicara dan kognitif, perlu pelan-pelan diajarkan,” imbuhnya.

Intinya, Nina menyarankan orang tua untuk tidak menyuruh anak-anak memukul balik saat dipukul atau mencelakakan teman. Akan jauh lebih baik jika anak diajarkan untuk menolak perlakuan kasar dari temannya.

Sumber : detik.com/ Jum’at, 30 September 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top