Panwascam Minas Rekrut PPL Pilkada 2015

Panwascam Minas Rekrut PPL Pilkada 2015

Panwascam Minas Rekrut PPL Pilkada 2015

No Comments on Panwascam Minas Rekrut PPL Pilkada 2015

Ketua Tim seleksi rekrutmen PPL Minas, Syahiruddin mengatakan, dari total 18  peserta, nantinya akan dipilih 5  orang yang akan ditempatkan di 5 desa/kelurahan. “Di Kecamatan Minas  ada 5  desa/kelurahan. Jadi akan dipilih satu desa/kelurahan satu orang PPL,” ungkapnya saat ditemui di sela tes wawancara.

Pantauan dilapangan  dari daftar hadir peserta, terdapat beberapa desa/kelurahan yang hanya terdapat seorang peserta saja. Padahal, untuk kebutuhan seleksi, kata Syahiruddin  dari masing-masing desa/kelurahan sedianya dibutuhkan minimal dua peserta.

“Pendaftaran PPL itu sudah melewati pendaftaran awal dan perbaikan pendaftaran, namun hingga kini masih ada yang satu desa/kelurahan hanya terdapat satu peserta,” ungkapnya.

Meski satu-satunya peserta tersebut dipastikan lolos seleksi, Syahir  mengaskan, pihaknya akan terus melakukan pengawasan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya pelanggaran yang dilakukan peserta tunggal tersebut.

“Kami tetap awasi. Kalau melanggar sumpah, janji dan tidak aktif, apalagi jelas melanggar undang-undang, kami akan lakukan tindakan,” tegasnya.

Anggota Panwascam lain, Darjono S.H  menambahkan, para peserta yang mengikuti tes wawancara, rata-rata memiliki Sumber Daya Manusia yang cukup bagus.

“Para peserta ini ada yang benar-benar baru, ada yang mantan PPL dan mantan PPS pemilu sebelumnya. Rata-rata cukup bagus, penguasaan materi, integritas, komitmen dan siap terpilih,” kata dia.

Salah satu peserta, Irwansyah  mengatakan, adanya selekti tersebut merupakan hal positif untuk menyaring PPL yang berkualitas. Ia  mengaku optimis dalam seleksi tersebut. “Dengan lebih banyak calon, akan menjadi saringan, yang terpilih yang terbaik. Kalau pengawasannya baik, hasil pemilunya juga baik,” kata mantan PPL pada Pemilu tahun lalu itu.

Sementara itu, Ketua Panwascam Minas, Yenni S.P berharap, seleksi dapat berlangsung secara obyektif, sehingga melahirkan PPL yang handal, profesional, berintegritas dan mumpuni. “Sebanyak 5  PPL nantinya akan dilantik pada tanggal 10 Agustus,” ujarnya

Yenni,  menekankan, tugas dan wewenang PPL di antaranya mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat desa/kelurahan. “Semuanya sudah diatur dalam Undang-undang RI No. 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan Pemilu. Untuk PPL sendiri itu ada di Pasal 81,” pungkasnya.

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top