Pemkab Siak Semakin Serius Potensi Ekonomi Kreatif

Pemkab Siak Semakin Serius Potensi Ekonomi Kreatif

Pemkab Siak Semakin Serius Potensi Ekonomi Kreatif

No Comments on Pemkab Siak Semakin Serius Potensi Ekonomi Kreatif

Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak untuk mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) semakin berpeluang besar. Sebab Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI telah membuat komitmen untuk bekerjasama dengan daerah demi mengembangkan ekonomi kreatif.“Kita berharap segeralah membuat regulasi yang pas untuk untuk penyelenggaraan ekonomi kreatif ini. Regulasi dan memorandum yang workable,” Ketua Bekraf Triawan Minaf, Selasa (15/3/2016) di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Siak, Alfedri, yang ikut dalam rapat itu kemudian menerangkan sejumlah potensi di Siak yang bisa digarap lewat ekonomi kreatif, salahsatunya adalah tenun Siak.Meski sebenarnya masih banyak lagi yang lain. Termasuk miniatur istana dan peninggalan sejarah lainnya yang sangat menjual, katanya.

Jika regulasi dan memorandum sudah beres dengan kerja sama berjalan, Alfedri yakin ekonomi kreatif di Siak akan semakin menggeliat. Soal produksi, saya pikir kita sudah memulai. Bahkan kita sudah menyiapkan banyak fasilitas untuk itu. Mulai dari balai pelatihan hingga pinjaman modal. Tapi soal pemasaran, ini yang menjadi kendala. Kita berharap lewat Bekraf, persoalan pemasaran akan bisa teratasi, kata Alfedri yang ditemani Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Siak, Wak Bukhari.

Sebelumnya dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Bupati Siak, Syamsuar, kembali menyemangati masyarakat untuk mengembangkan jiwa enterpreneur .

Tujuannya, selain akan membuka lapangan pekerjaan baru, masyarakat akan bisa lebih leluasa untuk menggarap peluang usaha yang ada. “Jangan malah ingin jadi pegawai honor yang gajinya sangat kecil dan kapan saja bisa diberhentikan,katanya.

Syamsuar mengaku sangat senang soal rencana kerjasama Bekraf dengan daerah. “Ini menjadi peluang yang sangat besar buat kita. Kita punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Tinggal lagi bagaimana kejelian dan semangat masyarakat untuk melihat peluang ini, katanya.

Kalau masyarakat Siak sudah mau berwira usaha dan mau pula ikut pelatihan kata Syamsuar, ini sudah menjadi modal besar untuk menghadapi situasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Sumber goriau.com, Rabu, 16 Maret 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top