Penghulu Diminta Siaga Karhutla

Penghulu Diminta Siaga Karhutla

No Comments on Penghulu Diminta Siaga Karhutla

Cuaca panas ini bisa menimbulkan hot spot (titip panas) di wilayah perkampungan. Dalam hal ini, tim Satgas yang telah dibentuk mulai dari kampung, Kecamatan dan juga Kabupaten melakukan siaga.

Siaga ini dimaksudkan agar jangan kebakaran itu terjadi dan meluas. ‘’Sekiranya masih kecil, langsung bertindak,’’ ujar Ketua Satgas Karhutla Siak Dr Fauzi Asni MSi, Senin (28/6) di Siak.

Dari pantauan satelit ditemukan hot spot, namun tingkat konfidence-nya di bawah 70 persen. Artinya itu baru suhu saja, belum ada hot spot.

Meski begitu, Asisten I Setdakab Siak ini mengatakan jangan terlena. Ia meninta warganya siaga dan mengawasi kebakaran lahan dan hutan di wilayah kerjanya masing-masing.

Pengawasan lahan dan hutan dari titik api di wilayah kerja ini merupakan tanggungjawab bersama, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Apalagi Provinsi Riau sebagai daerah Siaga Karhutla. ‘’Kita harapkan, penghulu agar saling menjaga,’’ kata Fauzi.

Penghulu dapat saling mengawasi titik api di wilayah kampungnya masing-masing dengan bekerja sama pihak Babimkamtibmas dan Babinsa serta masyarakat setempat. Terutama sekali daerah perkebunan sawit yang lahannya bergambut yang mudah mendatangkan titik api yang sulit dipadamkan, hal ini dilakukan dengan tujuan agar daerah Siak secara keseluruhannya terhindar dan tidak terjadi Karhutla.

Sumber riaupos.co, Selasa 30 JUni 2015

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top