Percepat Pembangunan KITB, Syamsuar Temui Menteri Perindustrian RI

Percepat Pembangunan KITB, Syamsuar Temui Menteri Perindustrian RI

Percepat Pembangunan KITB, Syamsuar Temui Menteri Perindustrian RI

No Comments on Percepat Pembangunan KITB, Syamsuar Temui Menteri Perindustrian RI
Demi mempercepat realisasi pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), Kamis (15/9/2016) siang tadi, rombongan Pemkab Siak yang dipimpin langsung Bupati Siak Syamsuar bertandang ke Kantor Kementrian Perindustrian Republik Indonesai di Jakarta.

Dalam kunjungannya ke kantor Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto, orang nomor satu di Negeri Istana ini turut serta membawa Kepala Bappeda Yan Pranajaya dan Kadisperindagkop Siak Wan Buchari. Selaku pihak swasta yang menjadi patner BUMD kabupaten Siak untuk mengembangkan KITB, sejumlah petinggi PT. Bosowa Corporindo juga hadir dalan pertemuan itu.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengakui, bahwa pertemuan itu membicarakan kelanjutan pembangunan KITB kedepan. Kata dia, kawasan industri ini tergolong istimewa karena letaknya yang sangat strategis. Untuk itu, sejumlah persiapan penting sudah dilaksanakan.
“Bagusnya KITB itu lahannya sudah tersedia sekitar 5100 Ha, dermaganya juga sudah ada, perizinannya juga beres. Jadi, tentu pemerintah tinggal dukung infrastruktur menuju kawasan itu nantinya,” sebut Airlangga didampingi Bupati Siak Syamsuar saat menggelar jumpa pers.
Soal prospek kata Airlangga, KITB kedepan sangat memiliki prospek bisnis yang cukup besar. Ini tidak terlepas dari posisi KITB yang berdekatan dengan oil center, baik berupa migas maupun CPO
“Keberadaan KITB juga bisa dikombinasikan dengan berbagai kebutuhan lain, karena sifatnya ini pelabuhan dan kawasan industri yang multi-purpose. Jadi prioritas bersama kita saat ini ialah mempersiapkan infrastruktur KITB dengan sebaik-baiknya,” jelas Menteri Kabinet Kerja ini.
Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar menjelaskan bahwa KITB sejak lama menjadi perhatian serius Pemkab Siak. Segala sesuatu yang perlu dipersiapkan pemerintah daerah saat ini telah rampung. Dukungan pemerintah pusat untuk melanjutkan upaya yang dirintis pemerintah daerah adalah jawaban dari tindaklanjut rencana pembangunan Kawasan Industri Tanjung Buton saat ini.
“Mudah-mudahan dimasa pemerintahan Presiden Jokowi dan Bapak Menteri Perindustrian yang sangat konsen dengan pembangunan lumbung-lumbung perekonomian, kiranya KITB bisa segera terwujud,” paparnya.
Syamsuar juga mengatakan, KITB merupakan salah satu dari tiga kawasan industri yang sejak lama dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau. “KITB letaknya ada ditengah, persisnya diantara pelabuhan Dumai dan Kuala Enok yang berada diujung timur, jadi sangat strategis. Apalagi saat ini Pelabuhan Dumai seringkali mengalami demurrage. Sebagai pengumpul, keberadaan KITB akan melengkapi pelabuhan Dumai,” kata Syam.
Di areal pelabuhan dan industri berjarak 97 mil dari Singapura ini, beberapa kegiatan bongkar muat telah berjalan. Diantaranya ialah kegiatan ekspor cangkang ke beberapa negara Asia seperti Korea Selatan dan Cina.
Selain itu, distribusi kendaraan roda empat untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah juga telah berjalan di Buton. Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan pembangunan proyek Packing Plant senilai 150 miliar oleh Bosowa Group.
Sumber spiritriau.com, Kamis 15 September 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top