Percepatan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Siak

Percepatan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Siak

Percepatan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Siak

No Comments on Percepatan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Siak


Siak Sri Indrapura – Hal ini disampaikan Ir. Budiman Safari dalam pertemuan bersama Bupati Siak dan Pekebun pada acara Percepatan Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Kabupaten Siak di Gedung Tengku Mahratu Siak, Senin (10/12/2018).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak mengatakan bahwa realisasi usulan peremajaan kelapa sawit di Kabupaten Siak tahun 2018 seluas 1.383 Ha. Sedangkan potensi luas yang belum diremajakan seluas 23.091 Ha dan baru 1.709,83 Ha yang sudah diremajakan. Sementara itu usulan peremajaan tahun 2018 adalah 2.470 Ha, dan tersebar di lima kecamatan yaitu, Kerinci Kanan, Dayun, Lubuk Dalam, Koto Gasib dan Kandis. 

Untuk dapat meremajakan kebun kelapa sawit ada beberapa kriteria diantaranya umur tanaman diatas 25 tahun atau produktivitas kurang dari 10 Ton TBS/Ha/Thn. Kepemilikan lahan maksimum seluas 4 Ha per KK dan dapat diberikan secara bertahap, hal terpenting adalah tidak berada dalam kawasan hutan lindung, hutan suaka alam, HPT dan kawasan terlarang lainnya.

Selama proses replanting, pemerintah baik ousat mauoun provinsi, Ditjen Perkebunan akan melakukan pendampingan sampai proses penanaman kembali.

Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar dalam arahannya mengatakan program peremajaan kelapa sawit ini merupakan hal yang penting dan bersifat urgensi dan sudah disampaikan sejak tahun 2012. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam pertemuannya dengan Ditjen Perkebunan beberapa waktu yang lalu bahwa pemerintah Kabupaten Siak akan segera menyampaikan kembali kepada pekebun kelapa sawit pentingnya peremajaan dan pemerintah pusat juga sudah menyiapkan dana yang sangat besar. Namun realisasinya masih jauh dari harapan.

Setiap kelengkapan administrasi perkebunan yang dimiliki oleh pekebun pun saat ini sudah sangat membantu dan jauh lebih mudah ditambah lagi adanya pendampingan dari berbagai pihak. Sasaran replanting ini tidak hanya menyangkut kelapa sawit plasma tapi semua perkebunan kelapa sawit dan menyentuh seluruh pekebun kelapa sawit. Bupati juga menginstruksikan kepada Dinas terkait dan para camat untuk mendata kembali luas dan lokasi replanting berdasarkan daerah masing-masing.

Program ini juga merupakan program nasional dari pemerintah pusat untuk mensejahterakan masyarakat. Dan kepada petani juga disampaikan bahwa tidak ada lagi perluasan areal perkebunan kelapa sawit dan Bupati berharap Kabupaten Siak menjadi daerah terluas yang melakukan replanting kelapa sawit.

Reporter eq_medcen
Editor doliwtr
Publish by Diskominfo Siak/doliwtr

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top