Ratusan Guru PAUD Siak Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik Anak Melalui Lagu

Ratusan Guru PAUD Siak Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik Anak Melalui Lagu

Ratusan Guru PAUD Siak Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik Anak Melalui Lagu

No Comments on Ratusan Guru PAUD Siak Dilatih Kembangkan Gerak Seni Motorik Anak Melalui Lagu

Siak – Sebanyak 866 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pengelola dan Kepala sekolah Paud yang di taja Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTKI) Kabupaten Siak, Riau mengikuti Workshop Literasi Kompetensi Kepala Sekolah, Pengelola dan Guru TK/PAUD dalam Bidang Seni.

Dalam kesempatan ini, Bupati Siak Alfedri menyampaikan bahwa tumbuh kembang anak harus selalu dikontrol, dan selalu mengkonsumsi ikan agar bisa mencegah anak dari stunting, sehingga berperan dalam tumbuh kembang sel otak anak dengan baik.

“Mari kita dukung anak-anak kabupaten Siak agar tumbuh sehat dan cerdas, beri mereka asupan makanan bergizi seperti ikan, sayuran dan susu. Jadikan mereka generasi bangsa yang cerdas berprestasi demi masa depan yang gemilang,” katanya.

Alfedri juga menjelaskan, Pemkab Siak bersama-sama masyarakat dan pihak-pihak yang peduli dengan masa depan anak, konsisten dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan dalam rangka pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Siak.

“Upaya upaya yang kita lakukan untuk memberikan pelayanan kesejahteraan dan perlindungan anak, antara lain kebijakan Pengembangan Kabupaten Siak Sebagai Kabupaten Layak Anak untuk mendorong seluruh stakeholder agar mengintegrasikan program kegiatan dengan upaya-upaya pemenuhan hak-hak anak”, terangnya.

Alfedri juga berharap dengan seminar ini bisa memberikan pengetahuan kepada Guru/pendidik PAUD untuk lebih profesional dan bisa berperan sebagai pelita bagi setiap anak, yang akan membuat anak bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depan mereka.

Selaku Bunda Literasi dan Bunda Paud Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri sangat mengapresiasi workshop tersebut. Ia berharap, hal ini bisa mendorong peningkatan pengetahuan bagi tenaga pendidik, sehingga lebih kreatif, produktif dan inovatif.

“Dengan upaya ini kita berharap mampu meningkatkan pengetahuan dan keadilan dalam pembangunan PAUD yang lebih berkualitas” katanya, Sabtu (26/10/2019) pagi.

Kegiatan yang menghadirkan Sinung Widodo atau om Sinung, seorang komponis lagu anak-anak, sekaligus praktisi PAUD Nasional, berlangsung di Gedung Kesenian, Siak Sri Indrapura.

Dikesempatan itu om Sinung memberikan materi workshop seperti, teknik bercerita, teknik bernyanyi, teknik gerak dan lagu serta bagaimana membacakan buku dengan suara unik.

“Efeknya nanti menciptakan rasa bahagia untuk anak-anak. Rasa senang untuk masuk ke dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan,” ucap dia

Tidak hanya itu para peserta diajari gerak-gerakan seni, dan menggunakan media lagu sebagai alat pembelajaran bagi anak.

“Melalui lagu, anak-anak itu senang. Mereka tidak merasa kalau belajar, padahal di dalam lagu itu terkandung suatu pejalaran bagi mereka”, kata dia.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Lukman menambahkan, workshop ini dalam rangka meningkatkan kompetensi Kepala, Pengelola dan Guru TK/PAUD melalui Workshop Literasi dalam Bidang Seni se Kabupaten Siak.

Kata Lukman, kegiatan ini bertujuan untuk meningkat kompetensi para Kepala, Pengelola dan Guru bidang Literasi dan Seni Budaya, sehingga pemahaman terhadap proses pendidikan di TK/PAUD senantiasa disesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan peserta didik.

Salah seorang peserta dari Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Maria, merasa senang mengikuti workshop tersebut. Menurutnya, metode belajar yang menyenangkan membuat anak- anak murid merasa betah dan tidak bosan untuk ke sekolah.

Ia bilang, SDM di dunia PAUD harus sering diberi pelatihan agar metode pembelajaran yang digunakan relevan dan mengikuti perkembangan zaman.

“Mereka perlu diberi pelatihan apa yang baru. Agar metode yang digunakan selalu update dan mudah diterima oleh anak-anak,” ucapnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 26 Oktober 2019 (Rby)

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top