Sekda Siak Hadiri Sosialisasi Program Sembako di Jakarta

Sekda Siak Hadiri Sosialisasi Program Sembako di Jakarta

Sekda Siak Hadiri Sosialisasi Program Sembako di Jakarta

No Comments on Sekda Siak Hadiri Sosialisasi Program Sembako di Jakarta

Jakarta – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak T.S Hamzah menghadiri sosialisasi Program Sembako Tahun 2020, Rabu (22/01/2020), di Swiss Bell Hotel Mangga Besar, Jakarta.

Menurut H.T.S Hamzah, Pemerintah Pusat akan menaikkan angka Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dari Rp. 110 ribu menjadi Rp. 150 ribu per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) setiap bulannya.

Selain komoditas sembako seperti telur dan beras, sambung Hamzah, Pemerintah akan menambah ragam pangan, di antaranya daging ayam, ikan, dan sayuran.

Kegiatan tersebut dihadiri 1640 peserta dari 514 Kabupaten/Kota Se-Indonesia, dan dibuka langsung Menteri Sosisal Republik Iindonesia (RI) Juliari P. Batubara.

Pembukaan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta, kepada perwakilan korteks Wilayah I, II dan III.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM), Andi ZA Dulung mengatakan, Tahun 2020 ini merupakan Program pertama dilaksanakan dari kementerian sosial dibawah pimpinan Presiden Republik Indonesia di periode ke-2 nya, yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Bulan Januari ini kita harus sukses melaksanakan penyaluran BPNT ini, pesan ini langsung diintruksi Presiden RI Joko Widodo”, ucap Andi ZA Dulung

Program ini juga akan memudahkan bagi (Keluarga Penerima Manfaat) KPM tidak hanya membeli beras dan telur, tetapi juga bahan pangan lain bernutrisi melalui e-warong.

“Kami yakin dan optimis program ini dapat meningkatkan kepuasan bagi penerima, dan mampu meringankan beban bagi masyarakat penerima KPM”, katanya.

Kemudian dalam sambutannya, Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara mengatakan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), kami melihat adanya penurunan angka fakir miskin di Indonesia dari 9,41 persen menjadi 9,22 persen terhadap KPM.

“Program BPNT tahun ini merupakan janji kampanye jokowi dan Ma’ruf Amin, yang berkeinginan program ini lebih baik dari program raskin”, jelasnya.

Lebih lanjut Juliari P. Batubara mengatakan, pada bulan Januari ini Kemensos akan menyalurkan dana BPNT ke daerah minimum 2 sampai 2,5 triliun, dan pada tahun 2020 ditargetkan Kemensos akan menghabiskan 10 Triliyun untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kami berharap kepada Dirjen PKM agar mengupdate kartu yang tak terdistribusi tahun lalu. tolong di update dan di data dengan aukrat serta jalin kerjasama yang baik dengan konteksnya”, pinta Juliari P. Batubara.

Sumber : MC Kab. Siak, 22 Januari 2020 (Rby)

Leave a comment



Back to Top