Selama Januari 35 Kasus , Kadis: Pencegahan Terbaik Bersihkan Lingkungan Rumah

Selama Januari 35 Kasus , Kadis: Pencegahan Terbaik Bersihkan Lingkungan Rumah

Selama Januari 35 Kasus , Kadis: Pencegahan Terbaik Bersihkan Lingkungan Rumah

No Comments on Selama Januari 35 Kasus , Kadis: Pencegahan Terbaik Bersihkan Lingkungan Rumah

Dalam bulan ini tercatat 35 pasien demam berdarah dengue di wilayah Kabupaten Siak. Jumlah penderita paling banyak terjadi di minggu pertama dan kedua. Sementara pekan ini tercatat 4 pasien baru.

Demikain disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tonny Chandra, didampingi Kasi Pengendalian Penyakit Marzuki, Selasa (27/1). “Minggu ke-3 tercatat 31 jumlah penderita DBD, dan minggu ke-4 ini ada tambahan 4 pasien, dari kecamatan Siak nambah 1 pasien, kecamatan Sabak Auh 1 pasien, Perawang 1 pasien dan Minas 1 pasien,” katanya.

“Kalau dibandingkan awal bulan, sekarang jumlah penderita DBD menurun,” imbuhnya. Diskes mengaku, sudah maksimal melakukan upaya untuk meminimalisir, baik melalui sosialisai atau pun pemberantasan jentik-jentik, namun upaya itu dinilai tak akan maksimal jika kesadaran masyarakat membersihkan lingkungan rumah tidak ada.

“Kebersihan lingkungan rumah kuncinya, jangan biarkan tempat air tergenang, rajin kuras penampungan air,” kata Tonny Chandra. Ia mengimbau, pada pemerintah kampung mengalakkan gotong royong membersihkan lingkungan, apalagi saat ini musim penghujan yang mana nyamuk mudah berkembang biak.

Selain itu, bagi warga yang terjangkit demam mendadak dan dalam 3 hari demam semakin parah, diimbau segera berobat ke puskesmas. “Kalau demam mendadak hari ke-2 dan ke-3 kondisinya makin buruk, segera berobat ke puskesmas. Indikasi DBD lainnya ada bintik-bintik merah di tangan, belakang pipi,” pungkasnya.

 

Sumber riaumandiri.co, Rabu 27 Januari 2016

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top