Sharing Perkembangan KLA, DP3AP2KB Siak Taja Rakor KLA 2019

Sharing Perkembangan KLA, DP3AP2KB Siak Taja Rakor KLA 2019

Sharing Perkembangan KLA, DP3AP2KB Siak Taja Rakor KLA 2019

No Comments on Sharing Perkembangan KLA, DP3AP2KB Siak Taja Rakor KLA 2019

Sebagai bentuk komitmen negara untuk ikut menjamin terwujudnya perlindungan anak termasuk kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan Perlindungan Anak, Pemerintah Kabupaten Siak melalui DP3AP2KB, Rabu (27/11/2019) mengelar rapat koordinasi kabupaten layak anak (KLA).

Rakor ini upaya untuk menguatkan implementasi KLH sehingga diharapkan hak anak benar-benar dapat terpenuhi di Kabupaten Siak.

Asisten Admintrasi Umum Setda kabupaten Siak, Jamaluddin saat membuka rakor KLA mengatakan, terpenuhinya hak-nak anak sehingga dapat dikatakan kabupaten layak anak.

Setidaknya memenuhi 24 induktor sesuai yang diamanatkan dalam UU RI no 35/2014 tentang perlindungan anak. Serta Konvensi Hak Anak (KHA). Terdiri dari lima hak anak, hak sipil dan kebebasan lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luangkan kegiatan budaya serta perlindungan khusus.

Fenomena serta paradigma baru, yang secara sosial menempatkan anak pada posisi yang rentan dan rawan terhadap terjadinya tindak kekerasan, pelecehan, eksploitasi maupun perlakuan salah lainnya.

“Kita masih menyaksikan saat ini kekerasan terhadap anak, tidak terpenuhinya hak anak. Selanjutnya hak anak di bidang pendidikan, masih banyaknya kita temui anak-anak yang putus sekolah, ini di sebabkan banyak faktor,”ungkap jamal.

Tentu dibutuhkan komitmen bersama untuk memenuhi hak-hak anak sebagai bentuk investasi terbaik dimasa depan. Memenuhi hak tumbuh kembang dan perlindungan anak merupakan bentuk kewajiban kita bersama untuk mewujudkan Indonesia yang semakin cerdas, berkualitas, beriman dan beretika dimasa depan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Siak Darussalim mengatakan atas kerja keras bersama sama pemerintah kabupaten Siak tahun ini mendapatkan Penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai KLA kategori NINDYA.

“Alhamdulillah, tahun 2019 ini siak naik kelas, menerima penghargaan KLA dari Presiden kategori Nindya. Penghargaan ini komitmen pemda siak dalam melaksanakan menjamin perlindungan anak,”sebutnya.

Dirinya juga berharap kedepan kecamatan yang ada di kabupaten Siak, berlomba lomba dalam mendeklarasikan sebagai kecamatan layak anak.

Hadir pada acara itu selain Asisten Admintrasi Umum Setda kabupaten Siak Jamaluddin, juga tampak hadir Staf Ahli Mentari Hubungan Antara Antar Lembaga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Rini Handayani, Komisi IV DPRD Siak Robbi Cahyadi, Pimpinan OPD, para Camat, Kepala kampung se-kabupaten Siak.

Sumber : MC Kab. Siak, 27 November 2019 (Rby)

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top