Syarikat Malaysia Investasi 14 Triliun di KITB, Dubes Malaysia Untuk RI Masih Lirik Peluang Lainnya di Negeri Istana

Syarikat Malaysia Investasi 14 Triliun di KITB, Dubes Malaysia Untuk RI Masih Lirik Peluang Lainnya di Negeri Istana

Syarikat Malaysia Investasi 14 Triliun di KITB, Dubes Malaysia Untuk RI Masih Lirik Peluang Lainnya di Negeri Istana

No Comments on Syarikat Malaysia Investasi 14 Triliun di KITB, Dubes Malaysia Untuk RI Masih Lirik Peluang Lainnya di Negeri Istana

Buton – Bupati Siak Alfedri menerima kunjungan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar di Siak Sri Indrapura, Sabtu (26/10/19). Lawatan Duta Besar negara jiran ke Negeri Istana tersebut adalah untuk melihat langsung kemajuan investasi Syarikat Malaysia di Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB).

Bupati Siak Alfedri mengatakan pembangunan dan pengembangan KITB (Kawasan Industri Tanjung Buton) akan dilakukan dengan skema kerjasama antara perusahaan daerah PT KITB dengan BGMC, syarikat perusahaan asal Malaysia, yang saat ini telah membentuk perusahaan PT Industrial Park. Sementara untuk pengembangan kepelabuhanan dilakukan dengan kerjasama lewat Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Samudra Siak yang kemudian membentuk perusahaan Tanjung Buton Port.

“Kita sangat berterimakasih kepada Yang Mulia Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar, yang telah berkunjung ke Kabupaten Siak dan melihat langsung Kawasan Industri Tanjung Buton.

PT KITB tentu tidak bisa bekerja sendiri dalam mengelola Kawasan industri. Alhamdulillah dengan adanya investasi dari Malaysia bermitra BGMC, kita harapkan kedepan pembangunan KITB bisa segera terwujud menjadi kawasan ekonomi baru di Siak dan Riau, yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi daerah dan masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja baru,” kata Alfedri.

Sesuai Perpres Nomor 58 Tahun 2017, KITB (Kawasan Industri Tanjung Buton) telah masuk ke dalam PSN (Proyek Strategis Nasional), yang sudah tentu juga akan mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Karena itu pemimpin Siak itu juga yakin dalam waktu dekat akan ada bentuk dukungan lain dari negara di Kawasan Industri Tanjung Buton.

“Kita berharap dukungan Powerplan dari PLN atau dari investor tertarik untuk membangun fasilitas air bersih. InsyaAllah tahun depan akan sudah ada tindaklanjutnya” terangnya.

Sementara itu Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar berharap investasi yang dilakukan dapat membawa manfaat yang luas baik bagi kedua negara serumpun.

“Nilai Investasi berjumlah US$ 1 Milyar atau setara 14 triliun rupiah, yang tentunya sangat besar untuk sebuah investasi dalam infrastruktur proyek. Untuk itu selanjutnya kami berharap dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak, baik dari segi pembangunan infrastruktur, air bersih maupun powerplan” sebutnya.

Kerjasama ini kata dia juga diharapkan dapat mempererat hubungan baik antara kedua negara serumpun Malaysia dan Indonesia, khususnya dengan Kabupaten Siak. Karena itu ia juga datang langsung ke Kabupaten Siak sekaligus untuk melihat peluang lain yang bisa dikembangkan kedepan.

“Saya datang langsung ke Siak untuk melihat peluang investasi lainnya kedepan. Sekarang ini investasi kita di Siak sudah cukup besar” jelasnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 26 Oktober 2019 (Rby)

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top