Tour de Siak 2019, Satu Dari Top 3 Ivent Wisata Internasional di Riau

Tour de Siak 2019, Satu Dari Top 3 Ivent Wisata Internasional di Riau

Tour de Siak 2019, Satu Dari Top 3 Ivent Wisata Internasional di Riau

No Comments on Tour de Siak 2019, Satu Dari Top 3 Ivent Wisata Internasional di Riau

Mempura – Tour de Siak 2019 resmi dibuka pada Rabu malam (18/09/19) oleh Gubernur Riau Syamsuar di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Siak Sri Indrapura. Prosesi pembukaan secara simbolis dilakukan dengan aksi petik gambus oleh Gubernur Riau Syamsuar dan diiringi pukulan kompang oleh Bupati Siak Alfedri bersama unsur Forkompinda.

Pada malam pembukaan Ajang Balap Sepeda Internasional yang dimeriahkan Band Andra and The Backbone tersebut, Wakil Ketua PB ISSI Andhika Anindyaguna Hermanto, Unsur Forkompinda Kabupaten Siak, Mantan Bupati Siak Arwin AS, Ketua LAMR Kabupaten Siak, dan sejumlah tokoh masyarakat tampak hadir bersama ribuan masyarakat yang memadati Gedung Daerah kebanggan masyarakat Siak itu.

Gubernur Riau dalam sambutannya mengatakan Iven Sport Tourism yang digelar untuk ketujuh kalinya itu dirancang untuk menyemangati dan mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Siak. Selain itu, Tour de Siak 2019 merupakan salah satu dari TOP 3 iven pariwisata berskala internasional yang diunggulkan Provinsi Riau saat ini, untuk menjadi ikon promosi pariwisata sesuai arahan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

“Sesuai arahan bapak menteri pariwisata, Kalau daerah destinasi pariwisata mau maju sekurang-kurangnya harus punya top 3 iven pariwisata internasional yang diunggulkan. Alhamdulillah untuk Riau kita sudah punya Tour de Siak, Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api, dan Pacu Jalur di Kuansing, didukung sejumlah iven lainnya, Riau rasanya sudah siap untuk itu” kata Syamsuar.

Tak hanya itu, Pemprov Riau saat ini kata dia juga tengah mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus di Rupat dan Rumbai untuk memajukan pariwisata di Riau.

“Pak Menteri kemarin juga bertanya destinasi kunjungan wisata internasional terbanyak dan terdekat Pekanbaru, saya rekomendasikan Siak Sri Indrapura karena memiliki ikon Istana Siak dan masih terpelihara seni budayanya” jelasnya.

Untuk itu mantan Orang Nomor Satu Negeri Istana itu mengajak masyarakat untuk tetap memelihara kelestarian seni budaya tradisional, sebagai adalah merk dagang untuk pariwisata disamping kebersihan kota dan lingkungan sesuai konsep pariwisata berwawasan lingkungan atau suistainable tourism.

“InsyaAllah Riau juga sedang mengarah kesana. Saya ajak Siak sebagai Kota Adipura, mari kita pelihara terus kelestarian yang agar ada agar kedepan kita semakin dekat dengan apa yang kita harapkan dari multiflier effect pariwisata, yaitu tumbuhnya UMKM dan ekraf” pinta Syamsuar kepada hadirin dan undangan.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan yang sama, juga mengatakan hal senada dengan Gubernur Syamsuar, dan menyebut Iven Tour de Siak yang telah menjadi agenda resmi dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) 2019 itu diharapkan dapat memberikan stimulan bagi pertumbuhan dan perputaran ekonomi, mendorong produktifitas penggiat industri kreatif.

“Selain itu juga sangat diharapkan menjadi ajang promosi untuk menarik minat dan kunjungan wisata, dukungan pelestarian seni budaya dan kuliner melayu khas daerah, serta menarik perhatian semua pihak berkepentingan terhadap pertumbuhan dan perkembangan fasilitas dan infrastruktur di Negeri Istana” kata Alfedri.

Untuk itu pada Iven Balap Sepeda Tour de Siak tahun ini, sebanyak 55 pembalap dari 11 tim dari sejumlah negara ambil bagian dalam iven balap sepeda 4 etape di Kabupaten Siak yang masuk nominasi Top 100 Iven Kalender Nasional Kementerian Pariwisata RI, dan telah meraih penghargaan dari PB ISSI tersebut.

Sumber : MC Kab. Siak, 18 September 2019 (Rby)

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top