Waspada “KARHUTLA ” Empat Titik Api Terpantau di Siak

Waspada “KARHUTLA ” Empat Titik Api Terpantau di Siak

Waspada “KARHUTLA ” Empat Titik Api Terpantau di Siak

No Comments on Waspada “KARHUTLA ” Empat Titik Api Terpantau di Siak
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dan Kajari Siak Zondri Tanda Tangani MoU TP4D  nota kesepahaman pelaksanaan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di Ruang Raja Indra Pahlawan Room, Siak, Kamis (3/3/2016).

Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang sempat terpantau saat ini yaitu sudah ada empat titik. Di antaranya di Daerah Sungai Mempura, Sungai apit, Kandis dan juga Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (DAMKAR) Siak Irwan Priyatna, Kamis (3/3). mengatakan, Dari empat titik api terpantau di Siak, keempat titik api tersebut sudah diketahui keberadaanya dan juga sudah dilakukkan upaya penangananya, seperti pemadaman dan juga tahap penghapusan ataupun pendinginan.

Sebagian besar keempat lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan sawit dan juga semak belukar, salah satu dari lokasi kebakaran yang ada di Tuah Indrapura infonya pemiliknya orang dari luar Siak, yang juga kebakarannya baru diketahui, Rabu (2/3) dan dilaporkan kepada petugas. Sedangkan api sendiri diduga sudah dari malam harinya.

“Bupati juga menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya para petani dikarenakan sekarang sudah memasuki musim kemarau dan di Siak juga berpontensi karhutla yang apabila dibiarkan akan merambah dan mengakibatkan bencana kabut asap seperti tahun sebelumnya. Oleh karena itu, kita mengimbau kepada masyarakat agar lebih peka dan peduli. Apabila ditemukan titik api di sekitar pemukiman mereka atau daerah mereka agar segera melapor kepada satgas satgas, petugas atau kepala desa masing masing, sehingga penanganya dapat dengan sesegera mungkin,” jelas Irwan.

Camat Bungaraya juga  mengimbau kepada masyarakat baik Satgas maupun masyarakat yang punya kebun yang rawan kebakaran agar bisa melakukan patroli setiap saat.

“Untuk itu kita juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu melakukan patroli setiap saat, dan melakukan pencegahan mulai dini dalam pemadaman kebakaran,” ungkapnya.

Ada peluang meluasnya kebakaran ini, yang diakibat cuaca yang sangat panas dan sumber titik api masih ada meski sudah dipadamkan. Susahnya untuk melakukan pemadaman api diareal  tersebut, karena  tidak ada jalan mobil pemadam kebakaran masuk kesana, sehingga mau tak mau damkar melakukan trik atau cara yang lain.

“Mobil Damkar tidak bisa masuk, kami masuk areal kebakaran dengan menggunakan motor,  karena jalan disana gambut dan takut amblas bila dilewati, sehingga harus berhati-hati” pungkasnya.

Source humas: Jumat, 04 Maret 2016 | 09:2:21 WIB|M

Similar Posts:

    None Found

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.



Back to Top